Mengapa kita berjalan tak lurus saat Mata Tertutup?

menutup mata

Berjalan merupakan gerak berpindah tempat atau memindahkan tubuh dari satu titik ke titik lainnya dengan cara melangkah menggunakan kaki secara bergantian.

Coba lakukan ini. Pergilah ke taman, pasang penutup mata, dan coba jalan menurut suatu garis lurus. Kemudian bukalah mata dan terjadilah keanehan. Walaupun kita sangat hati-hati, kebanyakan orang yang akan berjalan berputar ketika mereka tidak memiliki sasaran jelas untuk dijalani. Tidak tahu mengapa terjadi demikian.

Para ilmuwan telah melakukan beberapa eksperimen tentang ini, secara visual mengamati caranya orang berjalan, dan bahkan memetakan pergerakan dengan menggunakan GPS. Mereka telah mempelajari beberapa hal. Kita mengetahui bahwa ketika langit menjadi lebih gelap, semakin banyak orang yang berjalan secara berputar dalam lingkaran. Tapi kita masih belum mengetahui mengapa hal itu terjadi.

Ada beberapa teori. Sejumlah ilmuwan menduga bahwa hal itu terkait dengan dominansi otak (brain dominancy) dan beberapa yang lain menduga hal itu disebabkan oleh perbedaan panjang kaki-kaki kita. Tapi, sejauh ini eksperimen-eksperimen hanya bisa membuktikan bahwa setiap teori yang kita ajukan salah sekali.

References

https://www.liputan6.com/global/read/3159382/5-pertanyaan-sains-rumit-yang-terdengar-sederhana-bisa-menjawab