Mengapa Kemampuan Pengenalan Pola itu Penting ?

Pengenalan Pola

Hidup adalah tentang pola, tak terlepas dari tindakan mengambil data mentah dan bertindak berdasarkan klasifikasi data, bahkan makhluk hidup menghargai pengenalan pola lebih dari apapun.

Mengapa Kemampuan Pengenalan Pola itu Penting ?

Kemampuan untuk melihat pola yang ada atau yang sedang muncul adalah salah satu keterampilan kritis yang paling penting dalam pengambilan keputusan cerdas, walaupun kebanyakan dari kita tidak sadar bahwa kita selalu melakukannya setiap saat. Dengan menggabungkan pengalaman di masa lalu, intuisi, dan akal sehat, kemampuan mengenali pola telah memberi kita kemampuan untuk memprediksi apa yang akan terjadi selanjutnya dengan tingkat akurasi tertentu. Semakin baik kita memprediksi apa yang akan terjadi, semakin cerdas pula kita dalam mengolah sebuah informasi. Jadi, bisa dikatakan bahwa tujuan dari kecerdasan adalah prediksi.

Pengenalan pola bekerja setiap kali indra Anda memperhatikan informasi. Entah itu sesuatu yang Anda lihat, dengar, cicipi, sentuh, atau cium, otak Anda akan membandingkannya dengan hal-hal yang sudah Anda ketahui, dan melihat bagaimana kesesuaian informasi tersebut. Jika memiliki referensi, otak Anda akan menyimpannya sebagai korelasi atau kesamaan atau bersinggungan; Jika itu hal yang baru, otak Anda akan membangun model baru untuk memahami dan memproses informasi tersebut, kecuali jika anda berniat untuk mempertimbangkannya nanti, atau hanya menolak dan membuang informasinya.

Ada sinyal kuat dan lemah di sekitar kita, yaitu pola, yang mengindikasikan adanya perubahan yang terjadi, sedang terjadi, atau akan terjadi. Meskipun masih ada sedikit kemungkinan bahwa kejadian yang terjadi itu tidak berpola, kemampuan untuk mengantisipasi dan menyesuaikan diri dengan perubahan kondisi di lingkungan adalah keunggulan dari orang yang cerdas.

sumber : (https://emergentbydesign.com/2010/04/05/essential-skills-for-21st-century-survival-part-i-pattern-recognition/)

Sebelum menjawab mengenai pentingnya pengenalan pola pada berpikir komputasi, kita harus tau apa yang di maksud pengenalan pola atau pattern recognition. Pengenalan pola termasuk bagian fundamental dari Computational Thinking (CT). Computational Thinking adalah sebuah metode berpikir. Pengenalan pola adalah kemampuan bagaimana kita mampu untuk melihat dan memahami kemiripan atau persamaan pola yang teratur dalam sebuah data, sehingga dapat membantu kita dalam menyelesaiakn masalah yang komplek secara lebih efektif dan efisien.

Kemudian jika kembali pada pembahasa utama, yakni mengapa pengenalan pola itu penting ? Mencari pola sangatlah penting. Pola dapat membantu kita mengerjakan tugas menjadi lebih mudah. Masalah lebih mudah di selesaikan dengan adanya pola yang telah kita pahami dan liat sebelumnya, karena kita bisa menggunakan pemecahan yang sama pada setiap kasus yang berbeda asalkan memiliki pola yang sama. Semakin banyak pola yang dapat kita temukan, berbanding lurus dengan semakin mudah dan cepat masalah kita dapat terselesaikan. Jika kita tidak melihat polanya, akan menghasilkan sebuah solusi yang kurang tepat dan kurang efisien.

Sumber : http://www.bbc.co.uk/education/guides/zxxbgk7/revision/3

Mengenal suatu pola sangatlah penting karena dengan mengenal pola sesuatu hal kita dapat mengetahui apa yang akan terjadi. Pola selalu terdapat pada segala sesutatu hal, pola yang membuat hal tersebut. Jika kita tidak mengetahui pola hal tersebut kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi jadi pengenalan pola itu sangat penting. Melihat pola itu dapat memberikan kita sesuatu apa yang akan terjadi namun jika hanya mlihat saja tidaklah cukup kita harus mengenali dan meniliti pola tersebut.

Pengenalan pola sudah harus diajarkan saat dini karena saat dini kita sudah penasaran terhadap sesuatu hal. Jika sejak kecil kita sudah diajarkan kemampuan mengenal pola maka dengan hanya melihat saja kita sudah mengerti, tapi belum terlambat kita untuk pengenalan pola. Kita dapat mengenal pola dengan mudah dengan berfikir secara Computational Thinking yaitu dengan berfikir secara actual dan luas. jadi kita harus melihatnya secara pandangan yang luas. dengan mengasah kemampuan pengenalan pola kita akan terbiasa mengenali pola-pola suatu hal yang belum kita lihat atau kenal.

Cara pengenalan pola mungkin sangat mudah yaitu :

  1. Melihat secara langsung.melihat secara langsung bagi sebagian orang sudah bisa menebak atau membaca pola tersebut. Namun jangan Cuma melihat dalam satu sisi saja kita harus meliat pola tersebut secara keseluruhan.
  2. Memikirkan dengan matang pola tersebut. Seelah melihat kita pastinya akan memikirkan pola tersebut supaya kita dapat mengingat dan mengenal pola itu. Memikirkan pola membuat kita tahu aa yang akan terjadi
  3. Merasakan pola. Dengan merasakan pola kita dapat mengetahui apa polayang dimaksud. Berbagai hal di dunia ini memiliki pola tertentu yang berbeda namun jika kita merasakan pola itu kita dapat mengetahui apa yang dimaksud dengan pola tersebut.