Mengapa Jalan Tol Masih Menyumbang Angka Kecelakaan yang Cukup Tinggi di Indonesia?

Belum lama ini kita disuguhkan dengan beberapa peristiwa kecelakaan yang merenggut nyawa seseorang. Hal ini sungguh sangat disayangkan bahwa peristiwa kecelakaan kendaraan ini justru terjadi di ruas jalan tol yang notabenenya adalah jalan tanpa hambatan. Kecelakaan lalu lintas merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di Indonesia. Dampak yang timbul akibat peristiwa ini juga tidak sedikit dan bisa dikatakan cukup serius. Meskipun jumlah kecelakaan lalu lintas dari tahun ke tahun cenderung naik turun, namun fatalitasnya bertambah atau bahkan lebih buruk.

Jalan tol merupakan jalan bebas hambatan yang jelas berbeda pada jalan raya pada umumnya. Dengan keadaan yang demikian, jalan tol justru mempunyai resiko terjadinya kecelakaan yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan jalan transportasi darat lainnya. Selain karena faktor manusia, benarkah fasilitas penunjang transportasi darat di Indonesia, terutama jalan tol, masih belum optimal? Bagaimana menurutmu?

Referensi

Hanafi, Rusgiyarto, F., Pratama, R. & Hatta, M. R. (2019). Analisis Tingkat Keselamatan Jalan Tol Berdasarkan Metode Pembobotan Korlantas (Studi Kasus: Jalan Tol Cipularang). Jurnal Teknik: Media Pengembangan Ilmu dan Aplikasi Teknik. 18 (2): 49-58.
Purnomo, A. (2020). Fatalitas Kecelakaan di Jalan Tol Tinggi, Ini Penyebabnnya. Diakses melalui Fatalitas Kecelakaan di Jalan Tol Tinggi, Ini Penyebabnya Halaman all - Kompas.com

Kondisi jalan tol yang dinilai buruk oleh banyak orang memang terasa apa adanya, banyak di temukan permukaan jalan yang tidak merata, bergelombang, belum lagi banyak tambelan aspal yang tidak sempurna sehingga membuat permukaan tidak rata. Saya rasa pemerintah dan lembaga yang berkaitan dengan insfrastruktur jalan harus lebih memperhatikan lagi dengan kondisi jalan dan keselamatan penggunana.

Di lain sisi juga kelalain dari pengguna jalan juga mengambil bagian yang banyak dalam sebuah terjadinya kecelakaan, contohnya kurang jaga jarak, memacu kendaraan melewati batas kecepatan aman, melanggar rambu lalu lintas, melakukan aktifitas lain saat mengemudi yang mengakibatkan kehilangan fokus, mengantuk dan hal sebaginya. Salah stu cara untuk mengurangi angka kecelakaan adalah dengan membuat peraturan yang lebih tegas khususnya kepada para pengemudi yang suka memacu kendaraan nya melewati batas aman yang sudah di tentukan. Perarutan dengan sanksi yang tegas diharapkan dapat membuat pengendara lebih tertib saat berkendara.

Saya cukup setuju dengan apa yang dikatakan oleh @Ananda_zkyle bahwasanya banyak jalan tol yang tidak merata, bergelombang, serta banyaknya tambelan aspal yang tidak sempurna sehingga berpengaruh juga terhadap keselamatan pengguna jalan. Mungkin ada beberapa faktor yang menyebabkan hal seperti ini baik dari lembaga terkait yang kurang memperhatikan kondisi jalan ketika pembuatan jalan tol tersebut dan banyak faktor lainnya.

Namun, terkadang kecelakaan di jalan tol juga disebabkan oleh kelalaian pengguna jalan seperti memacu kendaraannya melebihi batas kecepatan yang disarankan, mengantuk, ataupun kehilangan fokus saat mengendarai kendaraan, atau bisa juga terkena imbas dari pengguna jalan lainnya. Hal-hal tersebut sangatlah berbahaya sehingga sangat diwajibkan bagi para pengemudi untuk menyetir dalam kondisi prima dan perlunya peraturan yang jelas bagi mereka yang suka memacu kendaraannya melewati batas kecepatan walaupun terkadang ada kamera yang ditempatkan sepanjang jalan tol.

menurut akun tiktok @/anakteknikindo jalan tol di Indonesia tidak aman karena dibuat menggunakan beton hal itu membuat jalan beton dengan ban mobil tidak memiliki daya cengkram yang kuat, selain itu adanya pembatas dinding beton di jalan tol pemilik kaun tiktok tersebut mengatakan pembatas jalan tol seharusnya padang rumput yang dibuat melandai agar jika terjadi kecelakaan pengemmudi dapat mengarahkan mobilnya ke padang rumput di pembatas antar tol