Mengapa Indonesia, negara dengan segudang kekayaan alamnya, masih masuk dalam daftar negara yang masih berkembang dan mayoritas masyarakatnya masih hidup dalam kemiskinan?

Sumber daya alam dengan tingkat perekonomian sebuah negara saling mempengaruhi satu sama lain. Bagaimana dengan negara Indonesia yang dianugerahi sumber daya alam nan indah ini?

Idealnya, sebuah negeri yang kaya akan sumber daya alam akan mempunyai tingkat perekonomian yang tinggi juga. Namun, yang terjadi di Indonesia malah sebaliknya. Negara yang kaya akan sumber daya alam ini masih masuk dalam daftar negara berkembang dalam sektor perekonomian dibanding negara yang mengandalkan sektor industri dan jasa justru memiliki tingkat perekonomian yang tinggi. Hal itu disebabkan oleh kondisi ekonomi di Indonesia yang cenderung tidak stabil akibat lemahnya perkembangan teknologi dan kualitas sumber daya manusianya, sehingga belum mampu mengolah kekayaan sumber daya alam yang ada secara optimal dan membawa keuntungan besar untuk perekonomian dalam negerinya. Ditambah lagi dengan lemahnya pemerintah dalam mengambil peran dan adanya korporasi jahat (seperti tindak korupsi) antara para penguasa dan pengusaha.

Kemajuan sebuah negara dapat dinilai dari pembangunan infrastruktur yang merata di setiap daerah. Pemerataan pembangunan berperan penting dalam keberhasilan perekonomian sebuah negara. Pembangunan yang dilakukan pemerintah Indonesia belum bisa dilakukan secara merata di seluruh wilayah Indonesia.