Mengapa Hamster Mau Memakan Teman Sekandangnya

Mengapa Hamster Mau Memakan Teman Sekandangnya

  1. Kelaparan. Hamster bisa berperilaku kanibal jika merasa kelaparan. Jadi buat yang pelihara hamster, pakan untuk si hamster harus selalu tersedia di kandangnya ya. Kalau nggak gitu nanti si hamster bisa memakan teman sekandangnya.

  2. Stress. Hamster adalah binatang yang lucu, menggemaskan, tapi sekaligus juga rentan akan stress. Stress yang dialami oleh hamster dapat disebabkan oleh karena hamster berada di lingkungan yang ramai, itu membuatnya merasa tidak nyaman sehingga dapat mengalami stress. Jika sudah stress, hamster bisa memakan teman sekandangnya. Untung hamster ukurannya kecil ya, coba besar, bisa-bisa kita juga ikutan dimakan sama dia. Jadi, sebaiknya, kandang hamster ditaruh di tempat yang tenang dan nggak ramai supaya hamster tidak stress.

  3. Merasa Terancam. Indra penciuman hamster yang sangat tajam dapat mendeteksi bau-bau asing yang ada di kandang atau wilayah tempat dia hidup. Bau-bau asing ini dapat menjadi ancaman bagi hamster, karena si hamster merasa tidak aman. Sebagai contoh, hamster yang baru anda beli sebaiknya tidak ditaruh di kandang yang sama bersamaan dengan hamster lama anda, bisa-bisa mereka sama-sama merasa terancam dan akhirnya berantem terus saling makan. Contoh yang lain adalah ketika hamster anda melahirkan, anda mengelus-elus anak si hamster dengan tangan anda, bau dari tangan anda menempel di tubuh si bayi hamster. Setelah dimasukkan kembali ke dalam kandang, induk hamster merasa ada bau yang asing, dia akan mencari-cari bau tersebut, ketika mencium bau itu berasal dari anaknya, maka dia akan merasa terancam dan akan memakan anaknya sendiri. Jadi hati-hati ya kalau lagi punya hamster yang sedang hamil, jangan asal mengelus anak hamster, karena indra penciuman hamster sangat tajam.
    sumber:
    http://rumahamsterikky.blogspot.co.id/2014/04/alasan-mengapa-hamster-mau-memakan_8451.html
    https://hamskyut.wordpress.com/2012/04/29/penyebab-hamster-kanibal/