Mengapa hambatan-hambatan sering muncul dalam melakukan Manajemen Organisasi ?

Dalam kehidupan berorganisasi, tentu kita mengenal namanya manajemen organisasi.Dimana Manajemen organisasi membantu organisasi untuk mengatur segala bentuk proses yang ada didalamnya.Namun dalam perjalannya,banyak sekali hambatan-hambatan yang muncul.

Mengapa Dan Bagaimana Hambatan-hambatan Sering Muncul Dalam Melakukan Manajemen Sebuah Organisasi ?

Sebelumnya saya akan memberikan review sedikit mengenai apa itu manajemen organisasi.Dari businessdictionary.com disebutkan bahwa manajemen organisasi adalah proses pengorganisasian, perencanaan, memimpin dan mengendalikan sumber daya dalam suatu entitas dengan tujuan keseluruhan mencapai tujuan. Tujuan tersebut dapat bermacam-macam tergantung dengan organisasinya.Selain itu menurut para ahli Manajemen Organisasi adalah aktivitas pere perencanaan (Planning), pengorganisasian (Organizing), penggerakan (Actuating), dan pengawasan (Controlling), dimana semua aktivitas tersebut bertujuan untuk mencapai target organisasi(George R. Terry).

Dari penjelasan singkat di atas mengenai definisinya,maka akan muncul pertanyaan seperti yang anda ajukan,yakni Mengapa Dan Bagaimana Hambatan-hambatan Sering Muncul Dalam Melakukan Manajemen Sebuah Organisasi?

Faktor-faktor umum mengapa terjadi hambatan dalam melakukan perencanaan organisasi tersebut meliputi,

  1. Kurang pengetahuan tentang organisasi
  2. Kurang pengetahuan tentang lingkungan
  3. Ketidak mampuan melakukan peramalan secara efektif
  4. Kesulitan perencanaan operasi-operasi yang tidak berulang
  5. Ketidaksediaan untuk menyingkirkan tujuan-tujuan alternatif
  6. Biaya
  7. Takut gagal
  8. Kurang percaya diri

Pada dasarnya yang menjadi hambatan paling banyak dalam melakukan perencanaan organisasi adalah dari segi Sumber Daya Manusianya,entah itu karena faktor internal maupun faktor eksternal dari organisasi tersebut.Sebagai contoh :

Faktor Internal

  1. Kurangnya Pengetahuan akan organisasi
    Banyak manager diluar sana yang memiliki kemampuan yang cukup baik dalam mengatur manusianya dalam sebuah organisasi,namun mereka tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai organisasi atau bahkan organisasinya sendiri,dengan kata lain mereka tidak paham betul mengenai kebutuhan dan strategi apa yang tepat untuk diterapkan dalam organisasi tersebut.

  2. Ketidak mampuan melakukan peramalan secara efektif
    Dalam melakukan perencanaan tentu kita harus dapat meramal mengenai jangka panjang apa yang akan di hadapi dan kesulitan-kesulitan serta strategi apa yang tepat kedepannya.Nah dalam hal ini mereka tidak mampu mendapat pencegahan dan langkah apa yang digunakan untuk mencegah atau mempersiapkan hal tersebut.

  3. Kesulitan perencanaan operasi-operasi yang tidak berulang
    Apakah organisasi anda sering melakukan suatu operasi yang berulang-ulang,dan mahir didalamnya namun ketika mencoba hal baru,membuat seluruh proses perencanaan kesulitan menentukan strategi dan tidak dapat beradaptasi?Ya ini semua berangkat karena organisasi tersebut selalu melakukan proses-proses yang sama dan tidak mau mencoba dengan fleksibilitasnya membuat perencanaan baru yang sesuai dengan visi dan misi namun bisa menyesuaikan keadaan atau tuntutan diluar.

  4. Biaya Organisasi
    Salah satu mengapa Manajemen organisasi sering mendapati masalah dan berujung pada ke gagalan adalah alokasi Biaya yang salah,lantas apa yang menjadi penyebabnya?Bukan lain adalah karena skill dalam mengatur keuangan dan hubungan dalam organisasi baik diluar maupun didalam kurang baik,sehingga peng-optimalan keuangan dalam organisasi menjadi buruk sehingga muncul kesan kesulitan dana.

  5. Takut Gagal

  6. Kurang Percaya Diri

Faktor Eksternal

  1. Pengaruh dari Organisasi Lain
    Sering didalam mengatur organisasi kita mengadopsi apa yang telah dilakukan oleh organisasi lain dan cara mereka dianggap benar dan sesuai dengan organisasi kita sendiri.Hal itu adalah salah,kenapa demikian? karena dalam kaitannya dengan mengatur organisasi,kita dihadapkan dengan ciri dan tradisi organisasi yang berbeda.Mungkin sistem dan cara manajemen organisasi A baik tapi tidak pasti itu akan baik pula di organisasi kita sendiri,sehingga kita perlu adanya sebuah tinjauan mengenai visi,misi,ciri khas,dan tradisi dari organisasi kita sendiri.

  2. Kurang Pengetahuan Tentang Lingkungan
    Sebelum melakukan manajemen organisasi,kita harus mengkaji ulang terlebih dahulu kemampuan organisasi kita untuk fleksibel terhadap perubahan situasional dalam lingkungan disekitar lingkup kerja organisasi kita.

Kemudian langkah apa yang dapat kita lakukan untuk mencegah atau mengatasi hambatan-hambatan tersebut.Cara Mengatasi Hambatan tersebut diantaranya:

  1. Melibatkan para pegawai, terutama mereka yang terkena pengaruh dalam proses perencanaan.

  2. Memberikan banyak informasi kepada para pegawai tentang rencana dan kemungkinan akibat-akibatnya sehingga mereka memahami perlunya perubahan serta mendapat manfaat yang diharapkan dan apa yang diperlukan untuk pelaksanaan yang efektif.

  3. Mengembangkan suatu pola perencanaan dan penetapan yang efektif, suatu “track record” yang berhasil mendorong kepercayaan kepada para pembuat rencana, serta menjadikan rencana baru tersebut diterima.

  4. Menyadari dampak dari perubahan-perubahan yang diusulkan kepada para anggota organisasi dan memerkecil gangguan yang tidak perlu.

Sehingga kesimpulannya,mengapa sebuah organisasi sering menemui hambatan-hambatan dalam melakukan manajemen organisasi adalah karena kurangnya kesadaran dan ilmu berkaitan dengan organisasinya dalam mengambil keputusan terhadap penerapan suatu aturan atau proses didalamnya,

Bagaimana hal itu muncul?Hal itu akan muncul dimulai dengan ketidak siapan suatu organisasi untuk menghadapi atau melakukan suatu proses,karena terdapat beberapa bagian dari proses organisasi tersebut mengalami lost control.Sehingga perlu adanya usaha bersama-sama dari seluruh anggota organisasi untuk ikut berperan dan mengetahui akan informasi mengenai manajemen atau perencanaan apa yang telah dibuat dan apa yang akan nantinya mereka lakukan.

Referensi:
Apa itu Manajemen Organisasi? Pengertian, Fungsi dan Tujuannya
Apa itu Manajemen Organisasi?
Organizational Problems in the Workplace
7 common management issues
Management Issues
The Challenges Facing Management Today and Tomorrow