Mengapa gigi masih tidak rata meskipun sudah mengenakan kawat gigi?

kawat gigi

Mengapa gigi masih tidak rata meskipun sudah mengenakan kawat gigi? Apakah dampak dari kawat gigi tersebut?

Kawat gigi merupakan suatu prosedur perawatan dalam kedokteran gigi yang bisa digunakan untuk membantu memperbaiki kondisi gigi dan rahang, misalnya merapikan bentuk gigi.

Sebelum menggunakan kawat gigi, dokter gigi akan melakukan pemerksaan terlebih dahulu untuk memastikan kondisi gigi geligi dan juga rahang pasien bila diperlukan dengan rontgen panoramik. Selanjutnya dokter akan melakukan analisis terhadap hasil pemeriksaan dan mulai memberikan rencana perawatan sesuai kondisi pasien. Dalam hal ini dokter bisa saja melakukan tindakan tambahan seperti pencabutan gigi dengan tujuan memberi ruang agar perawatan kawat gigi bisa lebih maksimal hasilnya.

Setelah melalui tahapan proses yang cukup panjang, barulah dokter memasang kawat gigi. Setelah kawat gigi terpasang, pasien harus rajin kontrol sesuai dengan jadwal yang diberikan dokter gigi. Hal ini bertujuan agar kemajuan perawatan bisa dievaluasi dan diberikan perawatan lanjutan yang lebih tepat. Ketika kontrol dokter gigi mungkin akan melakukan penyesuaian terhadap tarikan kawat gigi pasien supaya hasilnya lebih baik. Perawatan kawat gigi umumnya berlangsung selama 1-3 tahun, selanjutnya digunakan retainer setidaknya 6 bulan untuk menjaga posisi gigi yang sudah baik.

Apabila saat ini Anda mengalami keluhan gigi bergeser sehingga tidak simetris, disarankan agar Anda kontrol kembali dengan dokter gigi yang merawat Anda supaya bisa dilakukan evaluasi. Kemungkinan dokter gigi akan melakukan penyesuaian terhadap kawat gigi Anda supaya posisi gigi bisa diperbaiki dan lebih simetris. Selama menggunakan kawat gigi, usahakan untuk selalu kontrol tepat waktu.