Mengapa gigi anak tidak kunjung tumbuh?

Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Mereka memiliki struktur yang bervariasi yang memungkinkan mereka untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi adalah untuk merobek dan mengunyah makanan dan pada beberapa hewan, terutama karnivora, sebagai senjata.

Mungkin yang dimaksud adalah gigi bagian depan atau taring.

Waktu tumbuhnya gigi permanen bisa bervariasi pada tiap orang. Namun, secara umum, berikut waktu erupsi masing-masing gigi:

Gigi seri tengah: usia 7-8 tahun
Gigi sering pinggir: usia 8-9 tahun
Gigi taring: usia 11-12 tahun
Gigi premolar 1: usia 10-11 tahun
Gigi premolar 2: usia 10-12 tahun
Gigi molar 1: usia 6-7 tahun
Gigi molar 2: usia 12-13 tahun
Gigi molar 3: usia 17-21 tahun
Gigi yang tumbuh ke atas biasanya disebabkan oleh gigi yang overcrowded. Kondisi ini lebih sering muncul di gigi bagian depan, terutama gigi taring. Bila sangat mengganggu, memang gigi ini sebaiknya dicabut. Karena, dikhawatirkan, adanya gigi di posisi yang tidak seharusnya ini bisa membuat anak Anda lebih rentan mengalami sariawan, dan juga penumpukan sisa makanan yang sering menjadi pencetus gigi berlubang, karang gigi, serta bau mulut tidak sedap. Dicabutnya gigi ini tidak akan lantas menghalangi munculnya gigi lain di sekitarnya.

Tergantung dari berapa usia anak Anda saat ini dan juga gigi mana yang Anda maksudkan, belum tumbuhnya gigi yang anak Anda alami bisa jadi merupakan hal yang wajar, namun bisa juga tidak. Anda perlu memeriksakan anak Anda secara langsung ke dokter gigi untuk memastikannya. Kemungkinan, dokter akan menyarankan anak Anda untuk menjalani tes lebih lanjut, seperti rontgen panoramik guna menilai struktur gigi dan mulutnya secara keseluruhan.

sumber: Penyebab Gigi Anak Tak Kunjung Tumbuh - Tanya Alodokter