Mengapa film anak di Indonesia langka?

Semakin tahun semakin banyak film yang diproduksi, namun film denga tema anak sudah mulai sedikit yang memproduksi sehingga film anak di Indonesia menjadi langka. Apa yang menyebabkan film anak di Indonesia saat ini menjadi langka?
image

Dalam sebuah wawancara, Ahmad Yani Basuki mengatakan bahwa kelangkaan film anak lebih disebabkan karena rumah produksi cenderung merugi ketika merilis film anak. Maka dari itu, para produser film memilih bermain aman dan merilis film sesuai tren yang sedang berkembang.

Miles Films bisa dikatakan sebagai salah satu rumah produksi yang kerap menghasilkan film anak berkualitas. Sebagai contoh Petualangan Sherina dan Laskar Pelangi menjadi dua film anak terlaris di Indonesia.

“Kalau toh ada yang bilang merugi mungkin mereka melihat film anak ini kayaknya bukan saya deh. Atau mungkin ibu-ibunya sebagai trigger dari kepala rumah tangga dan bisa membawa anaknya untuk nonton film ini tidak mendapatkan info yang tepat kenapa saya harus membawa anak saya nonton film ini, ibu-ibu kan maunya menonton tontonan yang baik buat anak-anakny,” kata Mira Lesmana.

Sumber: https://celebrity.okezone.com/read/2018/02/22/206/1863320/mira-lesmana-jelaskan-mengapa-film-anak-langka-di-indonesia