Mengapa "EVENTBRITE" banyak diminati?

Menurut situs finansialku, Eventbrite merupakan sebuah layanan unik, yang memungkinkan orang untuk membuat berbagai even di berbagai negara yang berada dalam jangkauan mereka, jumlahnya bahkan lebih dari 190 negara di dunia. Jumlah yang sangat banyak inilah yang membuat eventbrite begitu cepat berkembang dengan pesat. Eventbrite juga memiliki jangkauan pasar yang sangat luas. Hal ini tentu akan berbanding lurus dengan peluang sukses yang dimiliki oleh layanan yang satu ini. Di dalam Eventbrite, para pemilik even organizer dapat melakukan kegiatan mereka dengan lebih leluasa dan nyaman, di mana mereka memiliki kesempatan untuk melakukan berbagai hal, seperti: melakukan perencanaan, mengoptimalkan kegiatan promosi, dan juga menjual tiket untuk berbagai acara yang akan mereka gelar. Bukan hanya itu saja, platform ini bahkan memungkinkan even organizer tersebut untuk melakukan kegiatan publikasi melalui Facebook, Twitter, dan juga berbagai sosial media lainnya.

Eventbrite digunakan banyak orang untuk membuat event ticketing dan online event registration.Di jaman yang serba digital ini Eventbrite bisa menjadi satu solusi terampuh yang dapat digunakan. Biasanya proses pendaftaran setiap acara melalui dua tahap yaitu offline dan online , offline terkadang diperuntukan untuk orang-orang yang berada disekitar tempat yang ditentukan panitia namun yang jauh? Nah tentunya registrasi secara online lah jalan alternatif satu-satunya untuk menyelesaikan masalah tersebut.
sebagai contoh yang mengunakan eventbrite adalah acara Surabaya LPDP Edufair 2017 yang diselenggarakan di Surabaya dan saya sebagai peserta seminar berposisi di Malang ingin datang namun posisi saya tidak memungkinkan untuk registrasi tiket secara offline dan pihak panitia menyediakan registrasi online. Tentu saja itu memudahkan saya karena tidak perlu bolak balik Malang-Surabaya untuk mendapatkan tiket karena saya cukup sekali datang ke acara dengan membawa tiket yang sudah saya donlot dan print di kamar kos.


:white_check_mark: catcilku.blogdetik.com Eventbrite adalah sebuah situs penyedia jasa pembuatan undangan di dunia maya. Setiap orang bisa mendaftarkan acara yang akan diselenggarakannya. Sekaligus juga bisa mendaftarkan diri sebagai peserta untuk mendapatkan undangan pada sebuah kegiatan.

Menurut saya, Eventbrite merupakan salah satu cara efektif untuk memperluas jaringan pengunjung suatu acara. Eventbrite akan memfasilitasi orang-orang dalam mengatur sebuah acara, khususnya para panitia dalam acara tersebut dengan fitur “Create a New Event”.
Ada 3 hal yang harus diisi terlebih dahulu. Poin pertama mengenai Event Details yang berisikan deskripsi acara dari nama acara, lokasi, waktu pelaksanaan. Lalu yang kedua adalah mengenai tiket yang memiliki pilihan free ticket, paid ticket, atau donation. Yang terakhir adalah pengaturan tambahan mengenai publikasi event yang kita buat, kategori dan topik dari event yang dibuat.

Evenbrite banyak diminati karena beberapa alasan, diantaranya adalah:

  1. Eventbrite gratis digunakan jika event kamu bukanlah event yang digunakan untuk mencari uang.
  2. Evenbrite juga terintregasi langsung dengan Facebook, sehingga kamu bisa tahu siapa saja teman-teman Facebookmu yang ikut ke acara tersebut.
  3. Eventbrite menyediakan fitur untuk menyematkan event widget yang bisa digunakan di dalam websitemu.
  4. Eventbrite bisa digunakan untuk memesan tiket. Tidak hanya memesan tiket, di beberapa event kamu juga bisa memilih tempat duduk seperti memilih bangku di pesawat atau untuk konser.
  5. Memiliki kategori event yang ingin dicari
  6. Tampilan websitenya yang sangat enak dipandang karena tidak terdapat iklan-iklan yang mengganggu. Selain itu website Evenbrite simple dan mudah dipahami untuk orang yang baru pertama kali mengakses website tersebut. Informasi event yang diberikan juga lengkap dan mudah dilihat.

Referensi: http://sociallygold.com/top-13-reasons-use-eventbrite-events/

Karena kesederhanaan tampilan dan kemudahan untuk mengaksesnya eventbrite banyak diminati. Untuk itu diperlukan evaluasi kepuasan produksi untuk mempertahankan eksistensi produknya. Menurut manufaktur garvin dalam lovelock (1994) faktor yang biasa dipakai dalam mengevaluasi kepuasan pelanggan terhadap produknya (berupa jasa) meliputi:

  1. Bukti fisik ( tangible ) adalah bukti langsung yang berupa fasilitas fisik, perlengkapan pegawai,dan sarana penunjang lainya.
  2. Keandalan ( reliability ) yaitu kemampuan untuk memberikanpelayanan yang dijanjikan dengan segera dan memuaskan.
  3. Daya tangkap ( responsiveness ) yaitu keinginan para staf dan karyawan untuk membantu para pelanggan dan memberikan pelayanan yang tangap.
  4. Jaminan ( assurance ), kemampuan, kesopanan dan sifat dapat dipercaya dimiliki para staf, bebas dari bahaya, resiko atau gangguan.
  5. Empati, meliput kemudahan dalam melakukan hubungan, komunikasi yang baik dan memahami kepatuhan para pelanggan.

Menurut saya, Eventbrite banyak diminati dikarenakan website ini hampir memenuhi kriteria website yang baik dan benar, diantaranya memiliki design interface yang sangat menarik sehingga membuat para pengunjung website nyaman dan lebih sering mengunjungi website tersebut. Kemudian, website ini memiliki fitur “CREATE EVENT” yang dapat digunakan oleh para pengguna untuk mempublikasikan acara mereka sehingga pengguna Eventbrite ini tidak hanya melihat acara, namun para pengguna sendiri bisa memasang acaranya di website ini.

menurut saya sebagai pengguna (pengunjung acara) selain sisi tampilan, evenbrite juga diminati karena fitur yang terintegrasi dengan email dan terdapat fitur reminder pada hari H untuk menghadiri acara yang telah didaftar.

Menurut saya evenbrite disukai oleh pengguna juga mungkin dikarenakan Customer Support yang siap merespon untuk menjawab pertanyaan anda 24 jam sehari dan setiap hari. Seperti yang bisa dilihat di dalam tab Features yang ada di websitenya. Selain itu masih ada banyak fitur yang ditawarkan oleh eventbrite yang memberikan keuntungan untuk penyedia acara dan penikmat acara.

dan menurut saya ketika sebagai penyedia acara ketika menggunakan eventbrite saya juga mendapatkan kemudahan dalam mempublikasikan acara saya karena dari eventbrite sudah dikelompokan bedasarkan kota, dan dari eventbrite juga menyediakan eticket yang dapat digunakan langsung oleh penyedia acara untuk masuk kedalam acara. didalam eticket tersebut terdapat barcode yang pasti berbeda.

nah diatas saya sudah memaparkan sebagai sisi pengguna dan anda memaparkan sebagai sisi penjual. hal hal inilah yang mungkin menunjang eventbrite banyak diminati. Memudahkan. Di jaman era digital ini tentunya sesuatu yang cepat dan memudahkan menjadi daya tarik yang luar biasa.