Mengapa Era kepemimpinan Ranavalona I dianggap sangat kejam?

image

Konon Ranavalona I seringkali dijuluki sebagai Mad Monarch of Madagascar atau Monarki Gila dari Madagaskar. Penjelajah dari Austria, Ida Pfeiffer menyebut bahwa ratu ini merupakan wanita yang “sombong” dan “bengis.” Sejarah mencatat bahwa Ranavalona I berkuasa di negara pulau di Afrika tersebut selama 30 tahun. Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai pemimpin ini?

Berdasarkan yang pernah saya baca, ia dilahirkan dalam keluagga yang sangat sederhana. Putri dari keluarga biasa ini masuk dalam lingkar kerajaan Madagaskar karena ayah Ranavalona memberitahu terdapat rencana pembunuhan Raja Andrianampoinimerina. Dan sebagai ganjaran atas kebaikan dan kesetiaannya, sang raja pun mengangkat Ranavalona sebagai anaknya sendiri.

Sebagai ratu, Ranavalona I membidik komunitas Kristen Madagaskar sehingga banyak warga Kristen yang melarikan diri dari pulau itu. Hingga pada 1845, ia meminta seluruh 50 ribu kerabat kerajaan untuk berburu kerbau. Dalam 4 bulan, kurang lebih terdapat 10 ribu orang meninggal dalam perburuan. Sejarah pun menyebutkan bahwa Ratu Ranavalona I telah membunuh sekitar 75 persen populasi Madagaskar. Serem ya…

Referensi: https://www.liputan6.com