Mengapa ekosistem terumbu karang sangat penting ?

terumbu karang

Salah satu jenis ekosistem yang terdapat di dalam lautan adalah ekosistem terumbu karang. Ia merupakan masyarakat organisme yang habitatnya di dalam dasar perairan dengan bentuk batuan kapur atau CaCO3 dengan tekstur kasar dan kuat menahan gaya dari gelombang laut. Mengapa ekosistem terumbu karang sangat penting?

Jika dilihat dari sudut pandang ekonomi ekosistem terumbu karang sangat penting sebab mempunyai nilai estetika juga keanekaragaman biota yang sangat tinggi. Dengan demikian, potensi ekosistem terumbu karang sebagai salah satu sumber makanan bagi manusia sangatlah tinggi. Tak hanya itu, ia juga bisa dijadikan obat untuk menanggulangi beberapa penyakit tertentu.

Dari kacamata ekologis, ekosistem terumbu karang juga sangat penting sebab ia mampu menjaga keseimbangan lingkungan serta menyumbangkan keseimbangan fisik yakni dengan menekan arus kuat gelombang sehingga ia bisa mereduksi potensi abrasi.

Secara sosial ekonomi, ekosistem terumbu karang merupakan sumber perikanan yang sangat produktif dengan demikian ia mampu meningkatkan pemasukan para nelayan dalam skala kecil, untuk penduduk di wilayah pesisir dan menjamin kesejahteraan Negara dalam skala yang lebih luas.