Mengapa dan Bagaimana Persona Digunakan dalam Memahami Kebutuhan Pengguna?

Personas adalah karakter fiksi, yang dibuat berdasarkan riset untuk mewakili jenis pengguna yang berbeda yang mungkin menggunakan layanan, produk, situs, atau merek dengan cara yang sama. Menciptakan personas akan membantu untuk memahami kebutuhan pengguna, pengalaman, perilaku dan tujuan.

Personas tidak menggambarkan orang-orang nyata, tapi menulis personas didasarkan pada data nyata yang dikumpulkan dari beberapa individu. Bila Anda membuat profil persona khas atau tipikal pengguna (ekstrim), ini akan membantu Anda untuk memahami pola dalam penelitian Anda. Personas juga dikenal sebagai model karakter atau karakter komposit.

Empat perspektif yang berbeda pada Personas

  1. Goal-directed Personas
    Persona ini berfokus langsung ke intisari. Tujuan dari Goal-directed Personas adalah untuk memeriksa proses dan alur kerja pengguna apakah akan lebih memilih menggunakan produk untuk mencapai tujuan mereka dan berinteraksi dengan produk atau jasa Anda.

9b41e7956f74eb1629d4c189f193097b

  1. Role-Based Personas
    Role-Based Perspective berperan dengan tujuan memfokuskan pada perilaku. Role-Based Personas menggabungkan data dari sumber kualitatif dan kuantitatif. Role-Based Personas memfokuskan pada peran pengguna dalam organisasi. Pemeriksaan peran pengguna biasanya bermain dalam kehidupan nyata dan dapat membantu menginformasikan keputusan desain produk yang lebih baik.

  2. Engaging Personas
    Engaging Personas ini dirancang sehingga para desainer yang menggunakannya dapat menjadi lebih terlibat dengan mereka. Idenya adalah untuk membuat 3D rendering pengguna melalui penggunaan personas. Semakin banyak orang terlibat dengan persona dan melihat mereka sebagai ‘real’, semakin besar kemungkinan mereka akan menganggap mereka selama proses desain dan ingin melayani mereka dengan produk terbaik. Personas ini memeriksa emosi pengguna, psikologi, latar belakang mereka dan membuat mereka relevan untuk tugas di tangan. Perspektif menekankan bagaimana cerita dapat terlibat dan membawa personas untuk hidup.
    8f9de451987dcf58884332b56b51a62f

  3. Fictional Personas
    Fictional Personas tidak muncul dari penelitian pengguna tetapi muncul dari pengalaman tim desain UX. Hal ini membutuhkan tim untuk membuat asumsi yang didasarkan pada masa lalu interaksi dengan pengguna dasar, dan produk untuk memberikan gambaran tentang apa, mungkin, khas pengguna terlihat seperti apa. Anda dapat menggunakannya sebagai sketsa awal kebutuhan pengguna.

References

Nielsen, Lene, Personas. In: Soegaard, Mads and Dam, Rikke Friis (eds.). The Encyclopedia of Human-Computer Interaction, 2nd Ed. Aarhus, Denmark: The Interaction Design Foundation, 2013:
Personas | The Encyclopedia of Human-Computer Interaction, 2nd Ed.

Alan Cooper, The Inmates Are Running the Asylum, 1999

Silvana Churruca, Introduction to User Persona, June 27, 2013:
10 Best Persona Examples And How To Create Your Own

Silvana Churruca, DIY User Personas, June 28, 2013:
10 Best Persona Examples And How To Create Your Own