Mengapa dalam pembuatan beberapa film menggunakan green screen?

Tidak semua adegan film diambil dengan latar yang sebenarnya. Ada beberapa yang menggunakan efek, biasanya adegan action atau pada film-film animasi. Dalam proses pembuatannya biasanya menggunakan green screen sebagai background pengambilan gambar kemudian greenscreen tersebut diedit sedemikian rupa sehingga menghasilkan efek yang diinginkan. Lalu mengapa harus menggunakan greenscreen?

Karena dengan menggunakan greenscreen, proses pengambilan gambar dengan kondisi yang sulit untuk direalisasikan seperti adegan-adegan imajinatif atau action akan lebih mudahkan pemerannya dan mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan. Dengan menggunakan greenscreen akan lebih memudahkan para pembuat film sehingga tidak perlu mengeluarkan usaha yang berlebihan dan imajinasi-imajinasi cerita yang ingin dibuat menjadi lebih luas dan tidak terbatas. Tidak hanya itu, pemainnya juga sangat terbantu. Tentu saja pada proses editingnya juga seharusnya ditunjang dengan hasil editing yang baik sehingga sebisa mungkin tidak terlihat bahwa adegan tersebut berasal dari greenscreen.

Greenscreen juga memungkinkan membuat film berkualitas tinggi dengan biaya yang mampu diestimasi sesuai perencanaan. Greenscreen akan mengurangi resiko kerusakan ataupun kecelakaan. hanya saja resiko penggunaanya adalah membutuhkan tenaga ahli dalam editing agar hasil gambar terlihat seperti nyata. film yang gagal memiliki editing yang buruk akan membuat penonton juga merasa terganggu.