Mengapa customer research penting untuk melakukan pemasaran digital ?

Seperti yang Anda ketahui, marketing saat ini ditantang dengan harus menjaga merek mereka tetap relevan dalam lanskap pemasaran yang terus berkembang. Bagaimana customer research dapat membantu hal tersebut?

Dasar dalam melakukan digital marketing terbagi atas 2 hal, yaitu customer research dan data. Data berguna untuk membantu kita dalam memahami upaya-upaya yang telah dilakukan sebelumnya dan menjadi patokan untuk memunculkan inisiatif baru.

Pada saat ini, para pekerja pemasaran memiliki kesulitan untuk menjaga merek agar tetap sesuai dengan area pemasaran yang terus berkembang, dan berusaha menggunakan usaha yang minimal untuk dapat menyebarkan informasi produk secara mendetail ke semua orang di berbagai tempat.
Untuk mempermudah hal tersebut, perlu dilakukan customer research untuk dapat mengetahui kebutuhan customer yang sesuai dengan bisnis yang kita jalankan.

Alasan pentingnya customer research adalah sebagai berikut :

  • Menyelaraskan Kebutuhan Customer Dengan Strategi Bisnis
    Menemukan titik temu antara bisnis yang dijalankan perusahaan dengan baik dan keinginan pelanggan akan lebih mudah dicapai dengan melakukan customer research.
    Kita dapat mempelajari apa yang dipikirkan customer terhadap brand kita dengan menanyakannya langsung pada customer. Informasi yang didapat dari customer research akan menjadi hal pokok bagi strategi marketing atau bahkan peluang yang sebelumnya tidak dimanfaatkan.

  • Upaya Pemasaran Digital Lebih Terfokus
    Jika bekerja yang berhubungan dengan membawa merek, akan lebih baik jika melakukan tingkat customer research dari awal proyek untuk mendukung keberhasilan jangka panjang. Tanpa customer research di awal, akan timbul asumsi-asumsi yang membuat kita mempertanyakan upaya yang kita lakukan.

    Customer research mempengaruhi segalanya, mulai dari arsitektur web, bagaimana konten harus ditulis, apa pesan yang harus dibuat bahkan warna yang harus dipakai pada desain. Hal tersebut memberi pandangan terkait hal-hal yang harus kita tahu agar pesan tersampaikan pada pelanggan.

  • Pemasaran Merek Secara Digital Lebih Flexibel
    Customer research semakin penting mengingat kebiasaan pelanggan cenderung sering mengikuti trend teknologi yang selalu berkembang. Hal tersebut penting untuk membantu anda mengetahui kurva dan sumbu yang perlu dilakukan oleh merek anda untuk menghindari merek tersebut menjadi tidak relevan terhadap perkembangan zaman.

  • Menterjemahkan Data Menjadi Strategi
    Data yang dikumpulkan memang akan sangat berharga, namun tanpa customer research, kita akan kesulitan dalam mengetahui apa yang harus dilakukan dengan data angka yang kita dapat dari analisis dan metrik. Customer research meletakkan data pada perspektif dan memberi pelanggan cara yang dapat dilhat untuk mengimplementasikan informasi yang telah dikumpulkan.

  • Kesuksesan Digital Marketing Bergantung Pada Customer Research
    Pandangan digital berubah secara cepat, maka customer research sangat penting bagi upaya pemasaran. Tanpa customer research, kita dapat tersesat, bergantung pada tren baru dan terpaku pada apa yang dilakukan oleh pesaing. Terlebih lagi, tanpa customer research, kita dapat terjebak pada asumsi-asumsi kita sendiri. Customer research membuat semuanya terlihat lebih jujur. Dengan hal tersebut, kita dapat berfokus pada hal-hal yang akan memajukan brand dan akhirnya mengumpulkan lebih banyak pelanggan.

Sumber :