Mengapa cuaca dapat berubah?

cuaca

Cuaca di sebuah kota terus berubah-ubah, bahkan dalam durasi waktu yang singkat. Sebenarnya, apa penyebab cuaca bisa berubah?

  1. Pemanasan Global

    Global warming atau pemanasan global merupakan salah satu peneybab cuaca sering berubah secara ekstrem, teman-teman. Pemanasan global menyebabkan mencairnya gunung es, sehingga berpengaruh kepada cuaca di seluruh muka Bumi. Selain itu, pemanasan global dapat menyebabkan penyebaran penyakit malaria yang lebih cepat, dan juga mengakibatkan terjadinya badai.

  2. Kondisi Permukaan Laut

    Hal lain yang dapat mengakibatkan perubahan cuaca sehari-hari adalah kondisi pada permukaan laut, teman-teman. Sederhananya, jika permukaan air laut meningkat, maka curah hujan pun semakin tinggi dan cuaca seketika menjadi berubah-ubah. Sebaliknya, ketika permukaan laut tidak meningkat secara tiba-tiba, maka curah hujan akan berjalan normal.

  3. Perubahan Suhu dan Rotasi Bumi

    Di samping itu, perubahan cuaca juga disebabkan oleh berubahnya suhu Bumi, teman-teman. Suhu tinggi dan rendah tentu dapat mengakibatkan dampak yang berbeda terhadap cuaca. Karena itulah setiap harinya kita bisa saja mengalami perubahan cuaca. Hal berikutnya yang dapat memengaruhi perubahan cuaca adalah putaran atau rotasi Bumi.

Rotasi bumi adalah sebuah kondisi saat Bumi berputar pada porosnya. Selain perubahan cuaca, rotasi Bumi biasanya mengakibatkan terjadinya perubahan waktu di antara tiap negara tertentu.

Sumber : http://bobo.grid.id/Sains/Iptek/Mengapa-Cuaca-Bisa-Berubah-Ubah