Mengapa Cokelat Putih Tetap disebut Cokelat?

cokelat putih

Cokelat ini sama sekali tidak berwarna cokelat dan berasa seperti cokelat, bahkan cenderung berasa seperti susu. Lantas mengapa cokelat putih tetap disebut cokelat?

Cokelat terbuat dari biji tanaman cacao. Pada proses pembuatannya, biji cacao ini mengalami berbagai proses dari mulai pemangganggan hingga penggilingan atau penumbukan. Dalam proses tersebut, sebagian biji cacao ini meleleh menjadi lemak nabati. Lemak ini disebut juga mentega cocoa (ingat ya, namanya mentega cocoa, bukan mentega cacao). Sebagian biji yang tidak meleleh akan hancur menjadi bubuk. Kedua bahan ini kemudian bercampur. Jadilah cairan cokelat yang menjadi dasar pembuatan semua cokelat.

Lalu bagaimana dengan cokelat putih? Ternyata, cokelat putih hanya mengambil mentega cocoa-nya saja. Mentega cocoa yang sudah leleh tersebut kemudian dicampurkan dengan susu dan gula. Inilah cairan yang menjadi dasar pembuatan cokelat putih. Karena tidak mengandung bubuk dari biji cacao, cairan tersebut tidak berwarna cokelat. Rasanya pun tidak pahit, tidak seperti cokelat biasa yang memiliki rasa pahit. Meski demikian, adanya campuran mentega cocoa dalam cokelat putih membuatnya tetap memiliki sensasi rasa dan aroma yang serupa dengan cokelat pada umumnya. Karena itulah, cokelat putih tetap dimasukkan dalam kelompok cokelat, meskipun tidak memiliki rasa dan warna cokelat sama sekali.

Sumber:
sains.me