Mengapa Burung Hantu mengumpulkan kotoran untuk Kumbang?

Burung hantu adalah kelompok burung yang merupakan anggota ordo Strigiformes. Burung ini termasuk golongan burung buas (karnivora, pemakan daging) dan merupakan hewan malam (nokturnal). Seluruhnya, terdapat sekitar 222 spesies yang telah diketahui, yang menyebar di seluruh dunia kecuali Antartika, sebagian besar Greenland, dan beberapa pulau-pulau terpencil.

Burung Hantu Mengumpulkan Kotoran Demi Kumbang – Mengapa burung hantu mengumpulkan kotoran? Sebagian besar makanan burung hantu liang yang bersarang di dalam adalah sejenis kumbang yang dinamakan kumbang tahi. Dengan demikian, burung hantu yang tampak tua dan bijaksana ini punya cara cerdik untuk menarik mangsanya.Tentu saja, tak ada yang lebih disukai kumbang tahi, kecuali kotoran sesungguhnya seluruh koloni kumbang tahi sangat bergantung padanya. Dengan memanfaatkan ketertarikan ini, burung hantu hang mengumpulkan kotoran sapi, kuda, dan binatang mamalia besar lainnya, lalu membawanya pulang ke sarang dan melapisi sarang tersebut dengan benda – benda bau tersebut.
Pancingan ini sangat menarik kumbang tahi sehingga banyak dan mereka mencari jalan masuk ke sarang burung hantu liang karena mengharapkan makanan lezat. Alih – alih, mereka malah menemui burung hantu lapar yang sudah menunggu dan patut diacungi jempol karena kecerdasannya itu.

referensi : https://unikterbaru.wordpress.com