Mengapa Bumi Tidak Memiliki Cincin Seperti Saturnus?

bumi

Seandainya saja Bumi mempunyai cincin seperti Saturnus, pasti cantik sekali, ya! Sayangnya, berdasarkan salah satu alasan yang diterima hingga saat ini, proses pembentukan cincin seperti pada Saturnus tidak terjadi pada Bumi karena kondisi Bumi dan Saturnus yang berbeda saat pembentukannya.

Gravitasi keempat planet tersebut cukup besar untuk dapat menangkap asteroid yang lewat, yang bahkan sebagian besar dari satelit-satelit alami keempat planet ini merupakan asteroid yang terjebak gravitasi lalu mengorbit sang planet.

Dengan massa dan gravitasinya yang besar, keempat planet ini bisa merobek asteroid menjadi fragmen-fragmen kecil. Puing-puing dari robekan asteroid tersebut akan menyebar dalam jalur datar yang melingkar sehingga bisa terbentuklah sistem cincin.

Sistem cincin Saturnus misalnya, terdiri dari potongan-potongan kecil yang tak terhitung yang mengorbit planet raksasa gas terbesar kedua di Tata Surya tersebut. Mereka cukup mudah untuk terbentuk tapi juga bersifat dinamis, sehingga sistem cincin milik Saturnus sebenarnya tidak permanen, alias bisa menghilang selama beberapa ribu tahun mendatang.

Planet-planet batuan seperti Bumi tidak memiliki cincin karena memiliki ukuran, massa dan gravitasi yang kecil, sangat berbeda dengan planet raksasa gas tadi. Berbeda dengan Saturnus, satelit alami yang mengitari Bumi tidak akan terobek-robek.

Hal tersebut disebabkan adanya suatu jarak tertentu yang akan membuat satelit alami dapat terobek-robek ketika berada pada jarak tersebut dari planet induknya. Jarak ini bergantung pada diameter planet dan perbandingan kepadatan planet dengan satelit alaminyanya.

Ketika Bulan, satelit alami Bumi, pertama kali terbentuk, jarak Bulan ke Bumi lebih besar daripada jarak kritisnya. Diperkirakan juga, saat Bumi baru lahir, diameter Bumi lebih kecil karena Bumi belum terbentuk sempurna seperti saat ini. Itulah sebabnya Bulan pada saat itu tidak terkoyak seperti yang dialami oleh satelit alami planet Saturnus.

Sumber: