Mengapa Bill Gates masih dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia, walaupun Sistem Operasi Windows sudah banyak di bajak?


(Renaldy Wijaya Putra) #1

Bill Gates merupakan Pendiri sekaligus pemilik Microsoft. Menurut majalah Forbes, untuk tahun 2016 ini, total kekayaan bersih Bill Gates berada pada angka US$ 79,2 miliar (Rp. 1099,7 Triliun), yang menjadikan sebagai orang terkaya di dunia .
Tapi mengapa bisa dikatakan orang terkaya di dunia ? Padahal sudah jelas bahwa banyak dari produk Microsoft yang di bajak, baik itu Windows, atau pun Microsoft Office, Bahkan kita bisa dengan leluasa menginstall OS Windows terbaru yaitu WIndows 10 tanpa harus membayarnya, alias OS bajakan .


(Fransnesa Hutasoit) #2

karena pemasukan yang didapat oleh microsoft bukan hanya dari OS yang dibuatnya, masih banyak lagi project-project besar yang dilakukan


(Himawat Aryadita) #3

Sumber gambar : quotesgram.com

Saat ini kekayaan Bill Gates sebagian besar tidak dari Microsoft, tetapi dari usaha-usahanya yang lain.

Saham Bill Gates di Microsoft tidak lebih dari 3%, bahkan saat ini Bill Gates bukan lagi pemilik saham perorangan terbesar di Microsoft, tetapi Steve Ballmer [1].
Hal itu terjadi karena pada tahun 2014, Bill Gates menjual sahamnya di Microsoft dan mengundurkan diri dari Microsoft guna berkosentrasi untuk kegiatan amalnya, Bill & Melinda Gates Foundation.

Apabila saham Bill Gates tidak dijual pada tahun 2014, kekayaan Bill Gates saat ini sebesar 193 Milyar Dollar Amerika, atau sekitar 2509 Trilliun Rupiah, lebih besar dari APBN Indonesia :scream:

Pada tahun 2014 tercatat kekayaan Bill Gates sebesar 76 Milyar Dollar Amerika, atau sekitar 988 Triliun Rupiah. Tetapi kekayaan sebesar itu, saham di Microsoft hanya menyumbang sekitar 20% dari total kekayaannya. Kekayaan terbesar Bill Gates didapat dari Cascade Investment LLC, yang dikelola oleh teman dekatnya, Michael Larson [2].

Yang menarik sekali adalah, kekayaan Bill Gates selalu bertambah tiap tahunnya, walaupun kekayaan Bill Gates banyak sekali dikeluarkan untuk kegiatan amal dengan Bill & Melinda Gates Foundation. Kekayaan yang disumbangkan oleh Bill Gates hingga saat ini adalah sebesar 38 Milyar Dollar Amerika, atau sekitar 494 Trilliun Rupiah [3].

Kekayaan Bill Gates saat ini, tahun 2016 adalah sekitar 81,6 Milyar Dollar Amerika, atau sekitar 1060 Trilliun Rupiah. Lebih kaya sekitar 72,8 Trilliun Rupiah dibandingkan tahun 2104 [4].

Inilah salah satu bukti bahwa amal tidak akan mengurangi kekayaan, tetapi malah menambah kekayaan kita.

Saat ini Bill Gates sudah berjanji bahwa dia akan menyumbangkan 95% kekayaannya untuk beramal di Bill & Melinda Gates Foundation. Beberapa orang kaya yang berjanji menyumbangkan sebagian besar kekayaannya untuk kegiatan amal dapat dilihat Organisasi Givingpledge [5].

Beberapa daftar perusahaan yang Bill Gates memiliki saham didalamnya, melalui Cascade Investment LLC, antara lain [6] :

Referensi :

[1] http://www.zdnet.com/article/how-bill-gates-accidentally-became-the-worlds-richest-man/
[2] http://www.businessinsider.co.id/bill-gates-is-9-billion-richer-than-he-was-a-year-ago-2014-3/?r=US&IR=T#jYSt7AjG6q3oeBFg.97
[3] http://www.gatesfoundation.org/who-we-are/general-information/foundation-factsheet
[4] http://www.businessinsider.com/this-man-made-bill-gates-so-wealthy-2014-9?IR=T
[5] http://givingpledge.org/
[6] https://en.wikipedia.org/wiki/Cascade_Investment


(Septi sulistio ardoko) #4

Pembajakan dari software microsoft memang tidak dipungkiri membuat kerugian, namun hal tersebut tidak cukup untuk membuat kerugian kepada billgates karena dia mempunyai bisnis lain, seperti Cascade Investment perusahan stockholding yang diawasi langsung oleh bill gates [1]

referensi :