Mengapa bau buah durian sangat menyengat?

Durian

Durian terkenal dengan baunya yang sangat menyengat. Darimanakah asal bau menyengat yang ada di durian ?

Para peneliti dari National Cancer Center (NCC) dan Duke-NUS Medical School di Singapura membandingkan DNA durian dengan tanaman lain yang memiliki bau yang tidak biasa, seperti kakao.

Peneliti menemukan jika senyawa sulfur volatil atau VSC pada durian lebih banyak dibandingkan dengan buah lain. Senyawa sulfur volatil merupakan senyawa bau yang dihasilkan oleh gen bernama metionin gamma lyases. Gen ini akan menjadi sangat aktif ketika buah matang sehingga menyebabkan bau yang tidak biasa.

Akan tetapi, bau tersebut penting bagi durian yang hidup di alam liar. Para peneliti berkata bahwa bau durian yang khas membantu menarik hewan untuk memakannya dan menyebarkan bijinya.

Para peneliti berkesimpulan bahwa upaya mengungkap asal bau durian sangat penting terutama untuk meneliti alam bebas, sebab pada dasarnya aroma durian berfungsi untuk menarik perhatian binatang liar agar memakan dan menyebarkan biji durian.

Lewat penelitian ini, periset juga berhasil menyusuri jejak evolusi buah durian hingga 65 juta tahun lalu, dan menemukan bahwa durian dulunya memiliki kekerabatan dengan pohon coklat.

Sumber : Mengapa Bau Durian Sangat Tajam? Ini Penjelasan Ilmiahnya
Rahasia Bau Menyengat Durian – DW – 10.10.2017