Mengapa banyak orang di dunia menyukai game Dota 2?

image
Dota 2 adalah salah satu game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) yang saat ini memiliki banyak penggemar yang berada di seluruh dunia. Game Dota 2 ini sendiri dimainkan mulai dari kalangan anak-anak hingga kalangan orang dewasa. Nah pertanyaan, mengapa game ini begitu banyak disukai dan dimaninkan oleh orang-orang yang ada di seluruh dunia?

Beberapa pendapat saya terkait mengapa game ini disukai banyak orang, yaitu :

  1. Teamwork yang bisa menghasilkan teman baru
    Secara tak langsung, DOTA 2 membawa kembali insting berburu kita, game ini tak bisa kau selesaikan seorang diri karena kau akan selalu butuh bantuan dari anggota timmu yang lain untuk menang. Kamu dan timmu harus bisa berkomunikasi dengan lancar kapan harus push, kapan harus gank, kapan harus ke Roshan, dll.
    image
    Tiap hero mempunyai role masing-masing, terkadang kamu lah yang harus menghabisi musuh dan membawa timmu menang, terkadang kamu harus relakan dirimu memulai sebuah pertarungan, dan terkadang kamu harus relakan uang dan waktumu untuk membuat carry menjadi sekuat mungkin.
    Bisa berkomunikasi dengan baik dengan timmu dan menang merupakan kunci utama untuk membuat game kompetitif seperti ini begitu seru. Tak jarang kau juga akan dapatkan teman baru lewat komunikasi yang baik ini, atau bahkan musuh baru.

  2. Banyaknya variasi hero yang bisa dimainkan


    Walau cuman hanya ada 1 map, satu hal yang membuat DOTA selalu terasa berbeda dan tidak membuat bosan, dan itu adalah begitu banyaknya variasi yang bisa terjadi dalam satu match. Dengan lebih dari ratusan hero dan puluhan item. Apapun bisa terjadi, kamu tidak akan selalu bertemu dengan 10 hero yang sama di tiap gamenya, dan kamu tak mungkin akan gunakkan kombinasi item yang sama di tiap hero.

  3. Patch baru = meta baru = cara bermain yang baru
    image
    Di tiap patch, selalu ada yang dapatkan nerf dan juga ada yang dapatkan buff, tak jarang juga lewat patch baru ini Valve berikan item baru atau bahkan hero baru yang membuat variasi bermain di tiap pertandingan lebih banyak lagi sehingga tidak membuat para player dota 2 bosan memainkan game ini
    Ingatkah ketika orang tak pernah memilih Drow Ranger ataupun Timbersaw sama sekali? Kini lihatlah betapa seringnya kedua hero tersebut diambil pemain hanya lewat keberadaan Dragon Lance, Hurricane Pike dan juga buff pada Bloodstone. Ingat ketika orang terus-terusan memilih Leshrac? Lihatlah sekarang hero tersebut jarang diambil lagi hanya karena skill 3 dikurangi damagenya.