Mengapa banyak orang berbelanja menggunakan Onlineshop atau berbelanja secara online?

belanja online

Online shop atau bisnis online saat ini bukan lagi menjadi sesuatu yang asing bagi masyarakat Indonesia, baik yang dalam kesehariannya menggunakan internet ataupun tidak.

Online shop adalah suatu proses pembelian barang atau jasa dari mereka yang menjual barang atau jasa melalui internet, dimana antara penjual dan pembeli tidak pernah bertemu atau melakukan kontak secara fisik yang dimana barang yang diperjualbelikan ditawarkan melalui display dengan gambar yang ada di suatu website atau toko maya. Setelahnya pembeli dapat memilih barang yang diinginkan untuk kemudian melakukan pembayaran kepada penjual melalui rekening bank yang bersangkutan. Setelah proses pembayaran di terima, kewajiban penjual adalah mengirim barang pesanan pembeli ke alamat tujuan.

Kelebihan Online shop


Semakin banyaknya *online shop *dengan berbagai macam barang yang diperjualbelikan, jika ingin memesan juga dengan cara yang sangat mudah. Banyak hal yang menyebabkan seseorang lebih memilih belanja *online *karena memiliki banyak kelebihan. Berikut ini kelebihan *online shop *diantaranya :

  • Tidak terikat tempat dan waktu, terutama bagi anda orang yang sibuk sehingga tidak sempat berbelanja dengan mendatangi ketoko.

  • Banyak pilihan toko online yang menyediakan ragam produk yang anda inginkan.

  • Menghemat waktu dan tenaga, anda tidak perlu berkeliling mal atau toko, anda cukup meluangkan waktu sebentar dengan membuka *internet *dan tentu saja anda akan terhindar dari kemacetan jalan raya.

  • Anda dapat membandingkan produk dan harga dengan toko *online *lainnya, sehingga lebih banyak pilihan.

  • Proses belanja yang mudah, cukup memesan barang, dan pembayaran biasanya dapat melalui internet/mobile *banking *atau ATM dan tinggal menunggu barang dikirim.

E-commerce atau perdagangan elektronik tak bisa dipungkiri dewasa ini. E-commerce bukan hanya tumbuh karena teknologi dan perkembangan jual-beli semata, tapi juga karena dukungan pemerintah yang sangat besar.

Di Indonesia, keberadaan online shop berkembang dengan baik seiring perkembangan teknologi informasi. Para pedagang merambah ke dunia maya untuk menggaet para pelanggan lebih luas lagi. Kalau toko konvensional misalnya dapat menjangkau satu wilayah dengan sekat toko sejenis, maka online shop menjangkau semua tempat tanpa batas.

Tapi, pertanyaannya, apakah online shop bisa menggantikan toko konvensional dalam perspektif pembali? Dalam beberapa sisi toko konvensional memang tak bisa tergantikan. Orang lebih memilih pergi ke toko untuk sekedar menggerakan kaki, dari pada duduk hanya menggerakan jari tangan, tinggal klik sana klik sini. Tapi bagi pembeli online, pergi ke toko sudah bukan saatnya lagi.

Berikut 10 alasan kenapa online shop lebih baik dibanding toko konvensional. Dalam pandangan pembeli, belanja melalui online shop memiliki seribu kelebihan.

1. Tanpa Ongkos

Belanja di online shop selalu menjadi pilihan bagi mereka yang berpikir praktis. Salah satunya karena dengan online shop kamu tak perlu mengeluarkan ongkos untuk pergi ke toko.

Ini mungkin terdengar berlebihan. Kamu mungkin hanya menghitung jumlah harga barang yang kamu beli, tapi melupakan begitu saja berapa uang yang dikeluarkan untuk transportasi.

2. Hemat Waktu

Salah satu alasan yang paling bisa diterima bahwa belanja online shopberarti menghemat waktu. Pembeli tak banyak membuang-buang waktu. Cukup duduk di depan komputer, nyalakan internet, dan klik…

Terutama bagi ibu-ibu, belanja di toko atau pasar dipandang banyak menghabiskan waktu. Selain harus pergi ke pasar atau toko, pergi dari satu toko ke toko lain tidak cukup menghabiskan waktu setengah hari untuk mendapat harga yang pas.

3. Online Shop Menawarkan Banyak Pilihan

Misalnya kamu mau beli jenis baju tertentu, online shop yang tersebar di dunia maya menawarkan banyak pilihan. Ada banyak online shop yang menawarkan satu jenis barang tertentu. Online shop tidak hanya satu.

Itulah prinsip yang mesti dipegan para pembeli online. Kamu bisa pindah dari satu online shop ke online shop lain untuk melihat mana pilihan yang cocok.

4. Lebih Banyak Waktu Me-review

Belanja online berarti kamu memahami betul barang apa yang akan dibeli. Jadi, sangat salah jika ada pembeli orang online yang kecewa karena barang yang sudah datang ternyata tidak sesuai keinginan.

Di antara jutaan informasi di internet, kamu bisa mencari tahu apa pun lewat berbagai review. Itu termasuk jenis barang yang akan dibeli lewat online. Tak ada alasan jenis, spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan tidak diketahui hanya karena kamu beli lewat online.

5. Tanpa Macet

Ini hanya istilah saja bahwa belanja di toko konvensional kadang harus melewati banyak masalah. Belanja di online shop berarti menghindarkan diri dari macet-macetan yang bikin jenuh, sebelum kamu sampai di toko. Ini juga berarti bahwa belanja di online shop menghindarkan kamu dari mengantre di depan kasir.

Kota-kota besar memang sekarang punya problem hampir serupa yaitu macet. Meskipun tidak di semua kota kemacetan itu terjadi. Di Jakarta misalnya, orang sering menyebut bahwa keluar rumah berati terjebak macet. Keluar rumah termasuk juga untuk belanja.

6. Lebih Murah

Ini salah satu alasan logis mengapa kamu harus belanja online. Barang-barang online shop bisa berharga lebih murah dibanding di toko konvensional. Hal itu karena tidak ada biaya bagi penjual untuk menyewa tempat atau toko. Para penjual toko online bisa saja hanya dilakukan di rumah.

Trik mendapat barang murah di online shop tentu dengan mencari tahu dahulu banyak perbedaan harga di antara satu toko online ke toko onlinelain. Tapi pada dasarnya, harga normal suatu barang mudah diketahui di internet, jadi kamu tak perlu banyak waktu untuk mengetahui harga sebuah produk.

7. Bantu Usaha Teman

Ada satu alasan yang sulit digoyahkan untuk para pemebeli online, bahwa mereka belanja online kepada teman mereka sendiri. “Saya beli ke teman yang jualan online.” Cukup penghubunginya secara pribadi, transfer uang, dan barang sudah ada di depan rumah.

Mungkin teman-teman kamu sudah punya kehidupan baru selepas lulus dari universitas. Mereka sudah berkeluarga dan punya satu usaha di suatu tempat yang jauh dari tempat kamu. Kelebihan online shop yang sangat manusiawi yaitu menghubungkan kamu dan teman-teman lama kamu dengan sebuah bisnis yang saling menguntungkan.

8. Sangat Excited Ketika Barang Datang

Belanja online kadang seperti mendapat hadiah tanpa diduga-duga. Ketika kamu sedang di rumah dan bersantai, seseorang mengetuk pintu dan ternyata tukang pos membawa barang yang benar-benar kamu inginkan.

Memegang barang yang sudah dibayar lewat transfer punya sensasi berbeda. Sangat berbeda dengan hanya bawa barang ke kasir, bayar, bungkus barang yang dibeli dan pulang. Kalau kamu pernah ikut sebuah kuis dan menang, lalu hadiahnya akan dikirim beberapa hari kemudian, seperti itulah kira-kira menerima barang setelah transaksi online.

9. Beli Online Membuat Kita Lebih Kreatif

Beberapa orang yang tadinya hanya pembeli kemudian berubah menjadi penjual. Itu tidak aneh. Kita tahu bahwa betapa mudah orang saat ini melakukan promosi dan penjualan di internet. Belanja online bisa mengubah orang menjadi lebih kreatif untuk menemukan bahwa ia juga bisa menjadi penjual melalui online shop.

Online shop tidak mengharuskan orang punya toko yang bisa didatangi orang. Semua orang bisa menjadikan rumahnya untuk tempat menyimpan barang jualan. Jualan online bisa dimulai dengan promosi kepada orang-orang terdekat. Ingat, barang jualan tak harus berbentuk barang pakai, tapi juga makanan. Semua orang bisa melakukan jual-beli makanan lewat online dengan mudah.

10. Beli Barang dengan Rahasia

Mungkin di antara kamu adalah orang yang sangat malas untuk keluar rumah, apalagi hanya untuk berbelanja. Belanja lewat online shopmerupakan pilihan tepat. Kamu bisa membeli apa pun tanpa harus ke luar rumah.

Beli lewat online shop juga berarti kamu bisa memiliki satu barang pun tanpa diketahui orang lain, bahkan orang satu rumah. Terkadang, ada saja orang yang tertarik dengan barang belian kita dan bertanya, “beli dari mana?”

Belanja online dan belanja di toko memang punya sisi berbeda. Saat ini, belanja *online *selalu menjadi pilihan karena kemudahannya. Kemudahan dengan melalui beragam inovasi teknologi harus bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya, termasuk untuk memenuhi kebutuhan kita akan suatu barang.

Sumber : https://www.itproportal.com/features/5-reasons-why-your-business-should-be-using-e-commerce/

Alasan orang-orang di Indonesia senang berbelanja online adalah :

  1. Menghemat Waktu, Tenaga dan Pengeluaran
    Berbelanja online memang dijadikan pilihan bagi mereka yang tidak memiliki banyak waktu untuk berbelanja di pusat perbelanjaan, namun harus memenuhi setiap kebutuhan. Dengan belanja secara online, mereka yang sibuk hampir 24 jam, bisa mendapatkan barang yang diinginkan. Selain menghemat waktu, berbelanja online juga menghemat tenaga. Konsumen tidak perlu pergi ke toko, karena belanja online bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Dan produk akan diantar langsung ke alamat.

  2. Tidak Terbatas
    Manfaat yang sangat terasa dari melakukan pembelian online adalah, kita bisa bisa beli barang dari seluruh Indonesia, bahkan dunia cukup dari gadget dimanapun dan kapanpun. Seperti saat kita menginginkan sebuah barang yang jauh dari kota atau tempat kita tinggal dan tidak mampu kita jangkau dengan mudah, maka kita bisa membeli produk itu secara online.

  3. Mudah Membandingkan Produk dan Harga
    Jika kita berbelanja produk yang kita inginkan di toko atau secara offline, tentu akan sangat kesulitan untuk membandingkan produk 1 dengan yang lainnya. Apalagi saat kita menemukan 1 produk di toko lain dengan harga yang lebih murah dari yang sudah kita dapatkan. Dengan berbelanja secara online, kita akan lebih mudah membandingkan lebih dari 1 produk dari beberapa toko online yang berbeda.

  4. Menemukan Produk dengan Lebih Mudah
    Toko online sering dimanfaatkan untuk mencari informasi tentang produk tertentu. Ini biasanya dilakukan saat tidak menemukan produk di toko fisik atau offline. Dan ternyata mendapatkannya di toko online. Beberapa produk memang jauh lebih mudah ditemukan di toko online ketimbang di toko fisik. Bahkan terkadang, beberapa brand memilih memasarkan barangnya hanya lewat online, dan tidak dijual offline. Sehingga masyarakat memilih untuk berbelanja secara online ketimbang offline.

  5. Mendapat Harga Lebih Murah
    Selain menemukan produk yang tidak ada di pasaran, berbelanja secara online sering menjadi pilihan karena beberapa produk menawarkan harga yang jauh lebih murah daripada di toko fisik. Beberapa toko online memang saling beradu dan bersaing menjual produk dengan harga yang murah. Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat, sehingga membuat mereka memilih untuk membeli barang yang dibutuhkan secara online. Sekalipun harus menambahkan beberapa rupiah untuk biaya kirim, konsumen tidak keberatan. Alasannya karena produk yang diinginkan sudah didapatkan, harga murah, dan tidak repot untuk mencari dan membeli secara offline. Sebanyak 45% masyarakat memilih berbelanja online karena harga yang didapatkan jauh lebih murah daripada berbelanja langsung di toko.

  6. Kualitas Tidak Kalah dari yang di Toko
    Seringkali kita khawatir jika membeli produk secara online akan mendapatkan kualitas produk yang lebih buruk daripada yang ada di toko offline. Tapi rumor itu segera terpecahkan ketika setidaknya 26% orang percaya bahwa produk yang dibeli secara online memiliki kualitas produk yang tidak kalah baik dari yang dibeli secara offline. Sebagai konsumen kita juga harus bijak saat berbelanja online. Ketika kita masih ragu untuk membelanjakan uang untuk produk di toko online, coba saja cek testimonial pelanggan dari toko online itu. Lihatlah bagaimana pelanggan memberikan feedback atau tanggapan atas produk yang mereka beli. Dari situ kepercayaan memang akan terbentuk untuk membeli produk dari toko online tertentu.

  7. Privasi
    Ada kalanya, produk-produk yang akan dibeli bersifat sangat pribadi sehingga tidak ingin orang lain tahu. Dengan berbelanja online, konsumen bisa mendapatkan privasi dan tidak akan merasa malu membeli barang-barang yang bersifat pribadi karena konsumen dan penjual tidak bertatap muka secara langsung. Hal ini akan menimbulkan rasa aman pada konsumen saat mereka membeli barang-barang untuk kebutuhan pribadi mereka.

Sumber: http://www.smartbisnis.co.id/

Transaksi jual beli menggunakan media sosial saat ini memang sedang banyak diminati masyarat Indonesia pengguna sosial media. Menurut data yang dirilis Asosiasi Fintech Indonesia disebutkan bahwa 80% pertumbuhan perdagangan online saat ini di dominasi oleh aktvitas jual beli yang berlangsung di social commerce.

Hal ini terjadi karena pertumbuhan pengguna internet dan smartphone yang telah menjadi tren di kehidupan sehari-hari, menjadikan pasar e-commerce Indonesia tambang emas yang sangat menggoda bagi sebagian orang yang bisa melihat potensi ke depannya.

Menurut PFS, sebuah lembaga konsultan ecommerce global, Indonesia diperkirakan menjadi salah satu pasar eCommerce dengan pertumbuhan tercepat di kawasan Asia Pasifik di tahun-tahun mendatang. Di tahun 2018, pasar diperkirakan akan meningkat lebih dari 239%, dengan total penjualan sekitar $ 11 miliar.

Walaupun dengan banyaknya masalah yang sering terjadi pada saat kita melakukan transaksi jual beli disosial media. Pada kenyataannya masih banyak masyarakat yang lebih tertarik melakukan transaksi jual beli melalui e-commerce karena berbagai macam alasan, antara lain :

1. Meminimalisir Pengeluaran

Apabila seseorang ingin membeli sesuatu yang lokasinya cukup jauh dari tempatnya, maka dengan belanja melalui e commerce dia bisa mengurangi pengularannya untuk transportasinya.

2. Menghemat Waktu

Berbelanja online memang dijadikan pilihan bagi mereka yang tidak memiliki banyak waktu untuk berbelanja di pusat perbelanjaan, namun harus memenuhi setiap kebutuhan. Dengan belanja secara online, kita yang sibuk hampir 24 jam saja, bisa mendapatkan barang yang kita inginkan. Sekitar 72% masyarakat memberikan alasan ini saat ditanya mengapa mereka memilih berbelanja online daripada offline.

3. Mendapat Harga yang Lebiih Murah

Situs berbelanja secara online biasanya sering menawarkan harga yang jauh lebih murah dengan kualitas barang yang sama seperti ditoko. Beberapa toko online memang saling beradu dan bersaing menjual produk dengan harga yang murah.

Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat, sehingga membuat mereka memilih untuk membeli barang yang dibutuhkan secara online. Sekalipun harus menambahkan beberapa rupiah untuk biaya kirim, konsumen tidak keberatan.

Alasannya karena produk yang diinginkan sudah didapatkan, harga murah, dan tidak repot untuk mencari dan membeli secara offline. Sebanyak 45% masyarakat memilih berbelanja online karena harga yang didapatkan jauh lebih murah daripada berbelanja langsung di toko.

4. Lebih mudah membandingkan harga

Dengan melakukan pembelian secara online kita bisa lebih mudah untuk membandingkan harga barang dari satu tempat ke tempat lainnya tanpa ada rasa tidak enak dengan sipenjual. Dan dapat memilihnya dengan waktu yang lebih cepat dibandingkan harus membelisecara offline.

5. Banyak Diskon

Didalam e-commerce pasti sering berlomba untuk memberi tawaran menarik berkaitan dengan diskon besar-besaran yang membuat produk semakin diminati banyak konsumen karena dengan adanya diskon para konsumen selalu berfikir bahwa dia merasa mendapat keuntungan karena bisa mendapatkan barang dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga aslinya.