Mengapa bahasa pemrograman Java lebih populer dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain?

Saat ini terdapat banyak sekali bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membuat sebuah program. Salah satunya adalah pemrograman Java yang akhir-akhir ini menjadi populer, mengapa bisa?

image

Akhir-akhir ini banyak sekali bahasa pemrograman yang muncul. Tetapi apakah yang membuat Java masih menjadi salah satu bahasa pemrograman yang populer. Saya kira Java menjadi bahasa pemrograman populer bukan tanpa alasan, itu karena bahasa pemrograman ini mempunyai beberapa kelebihan, yaitu :

  • Berorientasi Objek (Object Oriented)
    Java mengunakan pemrograman berorientasi objek yang membuat program dapat dibuat secara modular dan dapat dipergunakan kembali. Pemrograman berorientasi objek memodelkan dunia nyata kedalam objek dan melakukan interaksi antar objek-objek tersebut.

  • Java Gratis
    Orang suka hal gratis, bukan? Jadi jika seorang programmer ingin belajar bahasa pemrograman, atau sebuah organisasi ingin menggunakan teknologi, BIAYA merupakan faktor penting. Karena Java gratis dari awal. Hal gratis ini membantu Java menjadi populer di kalangan programmer individual, dan di antara organisasi besar.

  • Java adalah Platform Independent
    Pada tahun 1990an, inilah alasan utama popularitas Java. Ide independensi platform itu hebat, dan tagline Java “write once run anywhere” cukup menarik untuk menarik banyak perkembangan baru di Java. Ini masih menjadi salah satu alasan Java menjadi bahasa pemrograman terbaik, sebagian besar aplikasi Java dikembangkan di lingkungan Windows dan dijalankan di platform UNIX.

  • Java Ada Dimana-mana
    Ya, Java ada dimana-mana, ada di desktop, ada di ponsel, ada di web, hampir di mana-mana dan begitu pula progammer Java. Ketersediaan programmer Java yang besar ini, adalah alasan lain mengapa organisasi memilih Java untuk pengembangan sesuatu yang baru daripada bahasa pemrograman lainnya.

  • Aman
    Sebagai bahasa pemrograman untuk aplikasi internet dan terdistribusi, Java memiliki beberapa mekanisme keamanan untuk menjaga aplikasi tidak digunakan untuk merusak sistem komputer yang menjalankan aplikasi tersebut.

  • Fitur Pengumpulan Sampah Otomatis
    Java memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga para progammer tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung (seperti halnya dalam bahasa C++ yang dipakai secara luas).

Referensi

https://www.quora.com/What-make-Java-the-most-popular-programming-language
https://ardian009.wordpress.com/2014/11/27/kenapa-harus-belajar-java/

Yang bikin Java berbeda dengan bahasa pemrograman yang lain yaitu karena Java memiliki beberapa keunggulan yang memang mutlak bisa di jadikan pertimbangan dalam memilih Java sebagai pilihan. Berikut ini beberapa kelebihan Java yaitu :

  1. Multiplatform. Kelebihan paling utama dari Java ialah dapat dijalankan di beberapa platform / sistem operasi komputer, sesuai dengan prinsip tulis sekali, jalankan di mana saja. Dengan kelebihan ini pemrogram cukup menulis sebuah program Java dan dikompilasi (diubah, dari bahasa yang dimengerti manusia menjadi bahasa mesin /bytecode) sekali lalu hasilnya dapat dijalankan di atas beberapa platform tanpa perubahan. Kelebihan ini memungkinkan sebuah program berbasis java dikerjakan diatas operating system Linux tetapi dijalankan dengan baik di atas Microsoft Windows. Platform yang didukung sampai saat ini adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OSdan Sun Solaris. Penyebanya adalah setiap sistem operasi menggunakan programnya sendiri-sendiri (yang dapat diunduh dari situs Java) untuk meninterpretasikanbytecode tersebut.

  2. OOP (Object Oriented Programming – Pemrogram Berorientasi Objek) yang artinya semua aspek yang terdapat di Java adalah Objek. Java merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis oebjek secara murni. Semua tipe data diturunkan dari kelas dasar yang disebut Object. Hal ini sangat memudahkan pemrogram untuk mendesain, membuat, mengembangkan dan mengalokasi kesalahan sebuah program dengan basis Java secara cepat, tepat, mudah dan terorganisir. Kelebihan ini menjadikan Java sebagai salah satu bahasa pemograman termudah, bahkan untuk fungsi fungsi yang advance seperti komunikasi antara komputer sekalipun.

  3. Perpustakaan Kelas Yang Lengkap (Library Java), Java terkenal dengan kelengkapan library/perpustakaan (kumpulan program program yang disertakan dalam pemrograman java) yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya. Kelengkapan perpustakaan ini ditambah dengan keberadaan komunitas Java yang besar yang terus menerus membuat perpustakaan-perpustakaan baru untuk melingkupi seluruh kebutuhan pembangunan aplikasi.

  4. Bergaya C++, memiliki sintaks seperti bahasa pemrograman [C++] sehingga menarik banyak pemrogram C++ untuk pindah ke Java. Saat ini pengguna Java sangat banyak, sebagian besar adalah pemrogram C++ yang pindah ke Java. Universitas-universitas di Amerika juga mulai berpindah dengan mengajarkan Java kepada murid-murid yang baru karena lebih mudah dipahami oleh murid dan dapat berguna juga bagi mereka yang bukan mengambil jurusan komputer.

  5. Pengumpulan sampah otomatis, memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga para pemrogram tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung (seperti halnya dalam bahasa C++ yang dipakai secara luas).

Kelebihan dari Java adalah sebagai berikut :

  1. OOP : singkatan dari Object Oriented Programming yang artinya semua aspek yang terdapat di Java adalah objek. Hal ini sangat memudahkan programmer untuk mendesain, membuat, mengembangkan dan mengalokasi kesalahan sebuah program dengan basis java secara cepat, tepat, mudah dan terorganisir.

  2. Library Kelas Sangat Lengkap

  3. Memiliki atau Bergaya C++

  4. Kinerja Yang Tinggi (High Performance)
    Meskipun kinerja kode byte yang di interpretasi biasanya lebih dari memadai, tetapi masih terdapat situasi yang memerlukan kinerja yang lebih tinggi. Kode byte dapat diterjemahkan (pada saat run-time) de dalam kode mesin untuk CPU tertentu dimana aplikasi sedang berjalan.

  5. Memiliki fasilitas pengaturan penggunaan memori sehingga programmer tidak perlu melakukan pengaturan memori secara langsung

  6. Open Source

  7. Dinamis
    Dalam sejumlah hal, Java merupakan bahasa pemrograman yang lebih dinamis dibandingkan dengan C atau C++. Java dirancang untuk beradaptasi dengan lingkungan yang terus berkembang. Librari dapat dengan mudah menambah metode dan variabel contoh yang baru tanpa banyak mempengaruhi klien. Informasi tipe run-time dalam Java adalah langsung (straigtforward).