Mengapa Apple secara resmi telah memberhentikan produksi iPod Nano dan iPod Shuffle?

iPod merupakan merek serangkaian perangkat pemutar media digital sekaligus produk yang dirancang dan dijual oleh Apple. Sebagian besar varian iPod memberikan antarmuka pengguna (user interface) yang sederhana dengan menggunakan disain dalam bentuk roda putar (scroll wheel). Seperti sebagian besar perangkat pemain musik lainnya, iPod bisa digunakan sebagai hard drive eksternal bila disambungkan ke sebuah komputer.


Kini, Apple tidak lagi mengembangkan iPod dan telah menarik produk iPod Nano dan iPod Shuffle pada awal 2017. Sehingga, satu-satunya iPod yang masih beredar di pasaran adalah iPod Touch.

Apa yang menyebabkan Apple melakukan langkah tersebut? padahal mengingat dahulu produk yang mampu mengangkat nama Apple kembali ke pasaran adalah melalui produk iPod itu sendiri. Apakah bisa dikatakan sekarang bahwa iPod merupakan produk gagal dan tidak mampu bersaing?

Menurut saya, yang menjadi alasan Apple memberhentikan produksi iPod khususnya iPod Nano dan iPod Shuffle karena kehadiran banyak aplikasi pemutar musik yang ada saat ini seperti Spotify atau Joox bahkan kehadiran Apple Music itu sendiri. DItambah dengan kehadiran Apple Watch yang sudah semakin cerdas dan bisa digunakan untuk memutar konten musik juga, bersamaan dengan penggunaan Airpods atau perangkat audio nirkabel lainnya.

Saya menambahkan bahwa pergeseran industri dari unduhan musik hingga streaming membuat iPod nano dan shuffle tampak seperti produk dari zaman dulu. IPod pun tidak mendapat dukungan sinkronisasi Apple Music. Sulit untuk beralih dari pilihan musik yang hampir tanpa batas ke apa pun yang sesuai dengan 16GB (versi terbaik iPod), dan tetap harus dilihat apakah pemutar musik seperti iPod shuffle bisa berhasil hanya dengan menambahkan pemutaran offline untuk layanan streaming. Sementara itu, untuk iPod touch masih layak dipergunakan di dunia saat ini yang juga bisa terfokus pada streaming. Siklus iPod kemungkinan akan berlanjut untuk sementara waktu dengan hanya bayangan pucat dari diri terdahulu. Selain itu, diprediksikan bahwa produk iPod ini tidak diragukan lagi akan hidup melalui lelang eBay untuk generasi mendatang.

Sumber :