Mengapa Apple melakukan hiring Buzz Manager Marketing?

Mengapa google hiring seorang Buzz Manager Marketing, mengapa dengan marketing apple yang sekarang, jelaskan alasan dibalik google melakukan hiring marketing manger

Tahun 2014 silam, apple memasang sebuah iklan di website resminya bahwa membuka lowongan untuk Buzz Manager Marketing, hal ini mungkin terlihat aneh karena produk unggulan seperti Apple yang target pasarnya dan konsumennya sudah jelas terlihat untuk apa lagi mencari seorang manajer marketing.

Alasan dibalik itu semua mungkin bisa dideskripsikan pada foto pertanyaan diatas, terlihat bahwa artis – artis hollywood melakukan selfie menggunakan sebuah hp samsung, itulah salah satu penyebab Apple ingin memperlebar pasarnya dengan memulainya mencari manager marketing.

Hal ini mungkin dapat dilihat sebagai kemunduran oleh bbeberapa masyarakat, karena bukanlah Apple yang digunakan di dunia maya sebagai smrtphone di dunia entertainment, melainkan samsung. Padahal sudah jelas apple / iphone yang merupakan smartphone nomor satu yang memiliki kualitas dan dinilai produk yang eksklusif ternyata kurang memasuki dunia entertainment.

lawabidingcitizen_mac2
Jika kita perhatikan di dunia perfilman, TVSHow dan dunia entertainment sekarang ini didominasi oleh merk samsung, sony, microsoft dan merk lainnya sedangkan apple sama sekali tidak muncul di layar sekalipun.

Oleh karena itu, semenjak beredarnya foto artis selfie menggunakan samsung, hal tersebut menjadikan cambukan bagi apple sehingga tidak lama setelah foto itu beredar, Apple langsung membuka lowongan untuk manager marketing terutama dicari mereka yang berpengalaman di bidang industri entertainment dan televisi, dan juga berkompetensi untuk mempengaruhi lainnya di bidang indsutri, yang dimaksud disini adalah para artis. Mengapa demikian ?
Hal ini dilakukan karena mereka yang sudah memiliki kompetensi dalam bidang industri perfilman sudah mengetahui seluk beluk karakteristik para artis dan langkah seperti apa saja yang dapat diambil untuk dapat merebut hati artis tersebut, sehingga mereka dapat kita kait untuk dijadikan partner Apple dalam berbisnis. Maka dari itu manager marketing di bidang ini sangatlah penting untuk memperluas pasar Apple

Marketing jenis ini disebut dengan endorsements dimana menggunakan jasa para artis untuk menggunakan produk dari Apple, sehingga secara tidak langsung para artis tersebut melakukan promosi brand Apple itu sendiri. Dimana hal tersebut pastinya akan menambah keuntungan

bagi Apple sendiri karena masyarakat akan cenderung meniru gaya artis yang mereka idolakan.


Sehingga dapat ditarik kesimpulan, Marketing manager sangatlah penting untuk semua perusahaan terutama yang berorientasi pada produk, karena ketika kita mengeluarkan suatu produk dan ingin produk kita dikenali dipasaran, tentunya kita harus melakukan promosi dan membutuhkan strategi yang bagus. Kemudian tidak menutup kemungkinan perusahaan besar seperti Apple yang mangsa pasarnya sendiri sudah jelas tidak perlu melakukan promosi, karena kompetitor diluar sana juga sangat banyak sekali, dan disinilah peran manager marketing sangat dibutuhkan untuk mengatur segala hal yang berussan dengan seluruh pemasaran produk.

Apple disini memberikan contoh marketing tidak hanya terfokus pada satu bidang saja, namun mereka memanfaatkan bidang lain juga yaitu entertainment sehingga membutuhkan sosok manajer yang terfokus pada apa yang dituju, contohnya adalah Buzz Manager Marketing

sumber :
https://thetechieguy.com/apple-is-hiring-a-buzz-marketing-manager/
http://www.iphonehacks.com/2014/05/apple-buzz-marketing-manager.html