Mengapa anjing harus dijemur?

Tak jarang kita sering melihat anjing yang dijemur oleh pemiliknya. Apa alasannya?

2 Likes

Alasan anjing harus dijemur, yaitu agar mendapatkan vitamin D dari sinar matahari. Sehingga kalsium dan vit D tersebut dapat terserap oleh tubuh anjing. Selain itu, sinar matahari juga dapat mengeringkan kulit yang tertutup bulu, terutama pada anjing berbulu tebal. Kulit di bawah bulu yang tidak kering mungkin akan mudah lembab, sehingga tumbuh jamur dan bakteri yang mengakibatkan penyakit kulit.

Waktu yang baik untuk menjemur anjing menurut teori kedokteran adalah jam 6-8 pagi. Namun, anjing tidak boleh terlalu lama terpapar sinar matahari, karena meningkatkan resiko terbakar sinar matahari.

Sama hal nya dengan manusia, hewan juga membutuhkan vitamin D untuk kelangsungan hidup. Yang menjadi alasan anjing dijemur adalah dibutuhkannya vitamin D dan kalsium untuk tubuh yang bisa di dapatkan lewat sinar matahari.

Waktu menjemur anjing yang tepat adalah pukull 6-8 pagi. Anjing dapat dijemur dengan paksa atau suka-suka. Akan tetapi saat ini untuk menjemur anjing kebanyakan sang pemilik mengajak anjing berjemur smbil berjalan-jalan disekitar rumah, taman, pantai ataupun car free day. Hal ini dilakukan untuk mengurangi stress pada anjing dan mengurangi penyakit kulit karena kekurangan vitamin D.

Beberapa dokter hewan mengatakan bahwa saat anjing mendapat sinar matahari yang cukup dapat memberikan dampak positif pada kesehatan dan kesejahteraannya. Sama seperti memberinya kesempatan untuk menggerakkan kakinya ke tanah dan mendapatkan udara segar, membiarkannya berjemur di bawah sinar matahari tidak hanya terasa enak, itu juga dapat meningkatkan suasana hatinya, sistem kekebalan tubuh, dan kemampuan penyembuhan.

Kesehatan secara keseluruhan

Stephen Blake, DVM, dari San Diego, California, mencatat bahwa sinar matahari telah terbukti memiliki banyak manfaat pada manusia, dari menurunkan kerentanan terhadap pilek dan virus hingga memperbaiki masalah persendian dan radang sendi. Sebuah studi 2011 dalam Journal of Epidemiology and Biostatistics, misalnya, menemukan bahwa paparan sinar matahari yang berkepanjangan meningkatkan produksi limfosit, menunjukkan bahwa itu merangsang sistem kekebalan tubuh.

“Jika kita melihat manfaat ini pada manusia, mungkin persentase tertentu dari mereka juga berlaku untuk anjing,” kata Dr Blake, mencatat banyak kesamaan biofisik antara kedua spesies kita. “Kurangnya sinar matahari tidak sering menyebabkan penyakit akut, tetapi dapat menyebabkan penyakit kronis. Ini biasanya merupakan proses bertahap. Sepertinya tidak mendapat cukup kalsium - Anda akan melihat hasil dari kekurangan itu dari waktu ke waktu. "

Ada alasan mengapa sinar matahari di bahu atau dimanapun, dalam hal ini - membuat Kita bahagia: Sinar matahari merangsang produksi endorfin dan neuotransmiter seperti dopamin dan serotonin, yang mengatur suasana hati.

Selain itu, saat mengekspos anjing ke sinar matahari. Anjing dengan bulu hitam akan lebih cepat panas karena kulit gelapnya menyerap panas, sedangkan anjing putih atau berkulit terang lebih rentan terhadap sengatan matahari. Perawatan juga harus diambil dengan breed brachycephalic, atau berwajah pendek, yang mengalami kesulitan pendinginan dalam kondisi panas.

Referensi

Flaim, Denise. 2019. Walking in Sunshine. Whole Dog Journal.

1 Like