Mengapa anak umur 3 tahun susah sikat gigi?

Sebagai orang tua, maka sudah sepatutnya anda mengajari anak anda untuk merawat gigi serta menanamkan kebiasaan tentang cara menyikat gigi dengan benar sejak dini. Hal ini dikarenakan gigi anak sangat rentan mengalami kerusakan. Meskipun kerusakan gigi anak terkadang dianggap wajar-wajar saja, namun perlu anda ketahui bahwa gigi susu rusak parah pada anak yang dibiarkan begitu saja akan memiliki dampak buruk seperti berubahnya bentuk mulut dan tatanan gigi pada anak yang menjadi penyebab gigi anak tumbuh miring, gusi berdarah pada anak, dan juga menjadi penyebab gigi anak tidak tumbuh saat gigi susunya telah tanggal.

Penyebab anak umur 3 tahun susah sikat gigi, yaitu:

  1. Belum Mengerti
    Yah, faktor penyebab anak susah sikat gigi adalah karena anak belum mengerti tentang pentingnya menggosok gigi. Oleh karena itu, sering-seringlah menjelaskan pada anak tentang manfaat sikat gigi dan bagaimana dampaknya bila anak enggan sikat gigi. Anda boleh bercerita tentang kisah ulat penyebab gigi berlubang sebagai monster gigi yang akan menyerang ketika malas menyikat gigi agar sang anak bisa lebih termotivasi.

  2. Sikat Gigi Kurang Menarik
    Penyebab anak susah sikat gigi selanjutnya adalah karena sikat giginya kurang menarik perhatian sang anak sehingga anak pun enggan menyikat gigi. Oleh sebab itu, pilihlah sikat gigi yang khusus untuk anak-anak dan bila perlu ajaklah sang anak untuk membeli sikat gigi yang sesuai dengan keinginannya.

  3. Pasta Gigi
    Selain karena sikat giginya kurang menarik, biasanya anak susah sikat gigi dapat dipicu oleh pasta gigi yang digunakan saat menyikat gigi. Barangkali pasta giginya terasa pedas atau tidak enak sehingga anak tidak menyukainya. Maka dari itu anda perlu menyesuaikan pasta gigi yang akan digunakan oleh anak. Saat ini banyak pasta gigi anak dengan berbagai macam rasa. Nah, pilihlah pasta gigi yang memiliki rasa sesuai dengan kesukaan anak anda.

  4. Kurang Menyenangkan
    Biasanya saat menyikat gigi, sang anak merasa suasananya kurang atau tidak menyenangkan sehingga suasana hatinya pun juga akan terpengaruhi. Akibatnya sang anak pun enggan menyikat gigi. Adapun cara untuk mengatasinya, anda seharusnya menciptakan suasana yang menyenangkan pada saat anak anda menyikat gigi. Pada umumnya sang anak sangat suka melakukan sesuatu sambil bermain dan mendengarkan lagu. Nah, anda bisa melakukan hal itu, menyikat gigi sambil bermain dan mendengarkan lagu favorit sang anak.

  5. Takut Sikat Gigi Sendirian
    Hal yang menyebabkan anak umur 3 tahun susah sikat gigi karena dia takut menyikat gigi sendirian. Selain itu, sang anak juga biasanya tidak terlalu mengerti cara menyikat gigi dengan benar. Sehingga dia pun merasa malas dan tidak mau sikat gigi.

sumber:https://halogigi.com/