Mengapa anak kucing saya mati tiap kali dilahirkan?

kucing

(S. Nagara) #1

Kucing saya sudah 2 kali melahirkan dan selalu anaknya mati. Mengapa demikian?


(Stella A) #2

Hal ini umumnya disebabkan oleh karena induknya tidak mampu merawat anaknya. Selain itu, pemiliknya tidak mengetahui cara memberikan pertolongan kepada anak kucing yang baru lahir.

Anak kucing yang baru lahir memang terlihat lemas dan tidak bernafas, sehingga harus dilakukan beberapa pertolongan misalnya mengeluarkan cairan dari rongga dada dengan cara memijat dan menghisap, kemudian menggosok bagian punggung anak kucing sampai kucing mengeong. Kemudian memotong tali pusar dan lain sebagainya.

Sebaiknya saat kucing melahirkan bawa ke klinik hewan agar diberikan pertolongan yang terbaik untuk menyelamatkan hewannya. Namun jika hal itu terjadi pada usia kandungan di bawah 58 hari, hal ini memang disebut keguguran. Umumnya terjadi akibat faktor internal dan eksternal.

Yang termasuk internal antara lain : kucing stress, dan memiliki infeksi terhadap penyakit tertentu sehingga dia menjadi keguguran. Atau faktor eksternal antara lain lingkungan yang membuat kucing stress, sering lompat sana dan lompat sini, grooming dan lain sebagainya.