Mengapa Amerika memutuskan untuk menjatuhkan bom atom di Jepang ?

Bom atom merupakan senjata perusak yang sangat destruktif, sehingga, saat ini, penggunaannya dilarang oleh persatuan bangsa-bangsa. Lalu, mengapa Amerika memutuskan untuk menjatuhkan bom atom di Jepang ?

Motif utama adalah balas dendam, sebab sebelumnya, pada 7 Desember 1941 AL Jepang di bawah pimpinan Laksamana Madya Chuichi Nagumo melakukan penyerangan terhadap markas utama AL Inggris di Pearl Harbor, Hawai. Serangan ini sengaja dilakukan untuk kampanye perang Jepang dalam perang Pasifik (PD II). Dengan menghancurkan markas AL Amerika tsb., maka Jepang dapat leluasa melakukan kampanye perang mereka sebab AL Amerika adalah angkatan perang yang kuat di Pasifik.

Amerika yang akhirnya terjebak dalam situasi perang melawan sekutu Jepang, yakni Jerman dan Italia (aliansi Axis yang fasis) bersekutu dengan Inggris dkk. yang di Eropa kewalahan melawan kampanye Perang Jerman(dan Italia). Maka, dengan motif balas dendam sekaligus memenangkan perang Pasifik, Amerika mengirimkan dua pesawat yang membawa bom atom dan meledak di Hiroshima dan Nagasaki secara berturut-turut.