Mengapa Ada Seseorang yang Suka Memfitnah?

Apa faktor-faktor yang menyebabkan seseorang suka fitnah?

Teori psikologi mengatakan bahwa, seseorang mempunyai kebiasaan menjelek-jelekkan seseorang atau fitnah karena beberapa faktor, antara lain :

  • Iri atau sirik

    Banyak orang, sadar atau tidak sadar, merasa tidak suka melihat kesuksesan orang lain. Baik sukses di bidang pendidikan, karir, ekonomi, politik atau kesuksesan orang lain. Karena dia tak mampu berbuat sama atau bahkan tak mampu berbuat lebih, maka satu-satu cara berkompensasi yaitu menjelek-jelekkan orang lain Dengan cara seperti itu, maka rasa irinya seolah-olah sudah tertutupi. Dia memperoleh kepuasan psikologis,walaupun keputusan psikologis yang semu.

  • Rendah diri

    Ada juga karena faktor rendah diri. Misalnya dia orang miskin, selalu menjelek-jelekkan orang kaya dengan menuduh hasil korupsi ,suap,pungli dan semacamnya. Padahal, penilaiannya hanya berdasarkan dugaan-dugaan saja.

  • Persaingan
    Faktor persaingan cukup banyak. Misalnya dalam hal persaingan mencari pacar, persaingan dalam bisnis, persaingan dalam politik, persaingan dalam karir dan persaingan dalam hal lain-lain.

  • Pengidap psikopat
    Sikap suka menjelek-jelekkan orang lain juga dimiliki pengidap psikopat. Bahkan suka mengobral kebohongan-kebohongan tentang orang lain yang tidak disukainya. Kenapa tak disukai? Tak ada alasan yang jelas sebab dia punya sikap impulsif (tidak ada alasan yang rasional).Pada tingkat psikopat, bukan hanya menjelek-jelekkan yang dia lakukan, tetapi sudah memasuki wilayah fitnah.

1 Like