Mengapa Ada Gaya Gravitasi?

Gaya gravitasi itu ada sebab jagad-raya tidak kosong, tetapi berisi zarah (partikel) dan benda langit yang “tak terbilang” jumlahnya. Setiap zarah dan benda langit itu, kecuali zarah pencatu cahaya (yang disebut foton) mempunyai massa, dan interaksi di antara mereka satu sama lain berupa tarikan yang disebut gaya gravitasi.

Setiap benda materi (yang bermassa) mempunyai daerah pengaruh di sekitarnya. Daerah pengaruh ini disebut medan gravitasi. Benda bermassa, sebut saja benda A, yang berada di dalam medan gravitasi mengalami gaya tarik gravitasi. Sebaliknya, benda bermassa yang menjadi sumber medan gravitasi itu, yang kita sebut benda B, juga mendapat gaya tarik gravitasi ke arah benda A.

Adanya medan gravitasi di antara benda-benda langit itu, yang bersumber pada benda-benda langit itu sendiri pula, membuat mereka semua tidak tercerai-berai. Tetapi menurut para astronom, keberadaan berjuta bintang dan benda langit lainnya itu tidak cukup untuk mempertahankan persatuan mereka. Karena itu, diasumsikan bahwa ada sesuatu yang disebut “materi gelap”. Inilah yang mencegah rusaknya tatanan benda-benda langit di jagad raya.

sumber : Mengapa Ada Gaya Gravitasi? - Anak Bertanya