Menerapkan Waterslide Decals dengan Baki Modeling

seluncuran air

Selamat datang di Gunpla 201 , kolom baru yang ditulis oleh Ashe Blitzen . Pemodel Gunpla pemenang penghargaan, Ashe menyentuh alat dan teknik canggih untuk bangunan berpengalaman. 

Dalam kolom pengukuhannya, Ashe berbagi teknik untuk mengaplikasikan decals waterslide, juga dikenal sebagai "  sticker transfer basah," yang terlihat lebih profesional daripada stiker atau stiker transfer kering yang lebih mudah digunakan . Karena mereka lebih sulit, mereka jarang datang disertakan dengan perangkat Gunpla, tetapi Anda dapat membelinya secara terpisah dari Bandai. 


Decals waterslide membuat Gunpla kami terlihat seperti mimpi, tetapi bisa menjadi mimpi buruk untuk diterapkan bahkan untuk pemodel yang paling berpengalaman. Setiap orang yang bekerja dengan mereka tahu teror kehilangan stiker kecil, penderitaan memancing di dalam sepiring air, rasa sakit karena tidak dapat menerapkannya ke area yang tepat sebelum mengering dan sobek. Jangan takut, teman-teman saya, ada solusinya! Baru-baru ini saya menemukan alat yang bagus untuk menerapkan seluncuran air.

Saya skeptis pada awalnya, tapi saya percaya sekarang. The  Trumpeter Decal Modeling Tray telah dibuat bekerja dengan waterslides sehingga lebih mudah dan lebih efisien.

waterslide2

Detail kunci di sini adalah reservoir air dengan baki yang dipartisi di atas, yang memungkinkan stiker untuk menyerap air di bawah dan terpisah dari backing kertas tanpa Anda harus memancing di dalam semangkuk air untuk itu. Anda dapat menggunakan panduan di baki atas untuk mengatur decals Anda dan membuatnya tetap teratur (dan saling menempel.)

Nampan ini dilengkapi dengan 'penyangga sendok' kecil yang Anda gunakan untuk mengangkat stiker keluar dari baki dan perlahan-lahan geser ke posisi yang diinginkan pada model kit Anda. Sementara 'sisir' membutuhkan sedikit latihan untuk digunakan secara efektif, ini sangat berguna untuk decals kecil dan decals yang lebih panjang yang cenderung meringkuk ketika Anda mencoba untuk menerapkannya. Saya menemukan bahwa menggunakan riasan datar q-tip (dibasahi sehingga Anda tidak merobek stiker Anda) adalah yang terbaik untuk menggeser dan memposisikan ulang decals Anda dari 'sisir' ke model Anda.

ashe5

Selalu ingat untuk menggunakan pelembut stiker sebelum dan sesudah Anda melamar untuk menghindari kusut dan mendapatkan stiker yang bagus dan halus yang terlihat alami.

Sumber
Menerapkan Waterslide Decals dengan Baki Modeling

Wah baru tau ada hal semacam itu,kira-kira itu fungsinya untuk apa ya gan… Soalnya saya masih awam dengan custom model kit,saya baru berani coba untuk melakukan custom pada atau dalam hal warna saja sih :kissing_smiling_eyes::kissing_smiling_eyes: