Menengok Masa Lalu Tetris, Si Game Legendaris

http://sains.me/sainsme/wp-content/uploads/2015/11/Tetris-VeryFirstVersion.jpg

Banyak cerita menarik dari sejarah masa lalu Tetris, game yang dicintai semua orang.

Permainan sederhana ini pertama kali dibuat tahun 1984 oleh seorang ilmuwan Uni Soviet (sekarang Rusia) bernama Alexey Pajitnov di laboratorium Soviet Academy of Sciences. Pajitnov membuat sebuah permainan sederhana bernama Tetrominoes di sebuah komputer generasi pertama yang sangat kuno.

Alexey Pajitnov
Alexey Pajitnov, pembuat game Tetris pertama kali di Uni Soviet. Teman-teman Pajitnov menyukai game buatannya, dan biasa dimainkan untuk mengisi waktu luang. Dua tahun kemudian, game ini berubah nama menjadi “Tetris” dan telah dibuat pula untuk komputer yang lebih canggih, IBM PC.

Singkat cerita, ada seorang pengusaha game dari Belanda bernama Henk Rogers yang jatuh hati pada Tetris. Karena walaupun game ini terlihat sederhana, namun membuat orang sulit berhenti memainkannya. Perlu diketahui, Henk Rogers adalah pemilik sebuah perusahaan bernama Bullet-Proof Software, yang membuat game-game untuk Nintendo.

Dibantu oleh Rogers, Tetris menjadi terkenal dengan sangat cepat. Banyak perusahaan game di dunia yang membuat versi Tetris mereka sendiri dan menjualnya bersama dengan berbagai perangkat game. Namun pemerintah Uni Soviet pada akhirnya mengambil tindakan dengan membuat perusahaan bernama Elorg, yang bertugas mengatur segala perijinan dan lisensi Tetris. Elorg memutuskan hanya ada dua perusahaan di dunia yang berhak menjual Tetris. Atari, perusahaan game asal Amerika, mendapat lisensi menjual Tetris di PC. Sedangkan Nintendo dari Jepang mendapat lisensi untuk mejualnya di permainan konsol dan perangkat yang lebih kecil (gadget).

Namun tak lama kemudian Atari melanggar perjanjian dan menjual Tetris di sebuah perangkat game kecil yang bisa dimasukkan kantong. Nintendo mengetahui hal tersebut dan menuntut Atari. Perseteruan kedua perusahaan game besar ini berlangsung hingga beberapa tahun. Bisa dibilang awal kesuksesan Tetris dimulai tahun 1988 ketika Nintendo meluncurkan perangkat permainan elektronik terbaru: Game Boy. Tahukah kalian, pada awalnya Nintendo berniat memasukkan game ciptaan mereka sendiri, Super Mario Bros ke dalam Game Boy.

Namun Rogers berhasil meyakinkan bos Nintendo untuk mengurungkan niatnya, dan memasukkan tetris sebagai pengganti. Mengapa? Karena Super Mario Bros hanya akan menarik perhatian anak-anak, sedangkan Tetris akan memikat semua orang. Saran tersebut disetujui, dan hingga kini kita mengenal Game Boy sebagai satu bagian dengan Tetris. Begitu pula sebaliknya. Semua orang menyukai perangkat permainan mungil ini.

Demikianlah, hingga pada tahun 1996 pada akhirnya sebuah perusahaan bernama Tetris Company didirikan untuk mengurus segala lisensi, pelatihan, dan perijinan secara terpusat. Yang terbaru, bahkan perusahaan game raksasa, Ubisoft, menjalin kerja sama resmi dengan Tetris Company untuk memasukkan Tetris ke dalam Xbox One dan Playstation 4 dengan nama “Tetris Ultimate”.

Sumber:
sains.me