Mencegah Bibir Kering Selama Berpuasa

Kebersihan mulut dan gigi tidak hanya mencangkup gigi dan gusi, tetapi bibir pun tetap harus dijaga kebersihan serta kesehatannya. Masalah yang sering dialami pada bibir adalah bibir kering.

Bibir kering sering muncul selama kita menjalankan puasa. Tapi, tahukah Moms kalau bibir kering disebabkan karena dehidrasi, dimana kondisi tubuh yang kekurangan cairan bisa mengakibatkan kulit di sekitar bibir mengalami kekeringan. Efek yang ditimbulkan pun bibir akan pecah-pecah sehingga menimbulkan rasa sakit karena kulit bibir terkelupas dan kadang sering membuat bibir terluka. Agar tidak berdampak lebih parah, sudah seharusnya Moms mencegah bibir menjadi kering selama berpuasa. Berikut caranya:

  • Cukupi Asupan Air Putih
    Menahan makan dan minum selama berpuasa sekitar 13 – 14 jam membuat Anda semakin kurang asupan cairan ke dalam tubuh, sehingga membuat bibir tidak mendapatkan kelembaban air yang cukup. Maka, pakar kesehatan mengatakan jika kunci menjaga kelembaban bibir saat berpuasa adalah dengan memperbanyak asupan air putih, khususnya pada waktu sahur atau berbuka puasa. Moms harus pintar membagi waktu, misalnya 4 gelas air putih saat sahur dan 4 gelas setelah berbuka puasa, dengan cara ini bibir akan terjaga kelembabannya.

  • Oleskan Madu Sebelum Tidur
    Salah satu cara alami yang bisa mencegah bibir kering Anda adalah dengan mengoleskan madu secara rutin sebelum tidur sampai waktu Anda bangun sahur. For Your Info, madu punya kandungan mineral essensial untuk melembutkan bibir, serta kandungan antioksidan, anti-jamur dan anti-mikroba pada madu bisa menyembu­­­­hkan luka akibat bibir Anda kering.

  • Scrubbing Secara Rutin
    Selain mengoleskan madu, scrubbing juga diperlukan lho Moms. Cobalah untuk membuat scrub dengan menggabungkan gula dan baking soda. Takarannya satu sendok gula, baking soda dan minyak zaitun, campurkan itu semua kemudian oleskan ke area bibirmu. Lalu, Anda juga bisa menyikat bibir dengan sikat gigi yang berbulu halus agar sel kulit mati pada bibir terangkat dengan bersih. Moms bisa rutin melakukan scrubbing satu kali dalam seminggu dan disarankan melakukannya setelah berbuka puasa.

http://ciptadent.co.id/mencegah-bibir-kering-selama-berpuasa/