Memandikan anjing chow chow

adakah cara atau treatment khusus ketika memandikan anjing chow-chow?

Dengan kondisi bulunya yang lebat, tentu ada sedikit treatment khusus yang harus dilakukan:

  1. Dimulai dengan memandikan dengan air hangat dan menggunakan shampoo khusus anjing dengan merk tertentu yang banyak dijual di petshop (disarankan menggunakan shampoo yang bagus)
  2. Setelah dimandikan dengan bersih dan dibilas sampai bersih, mulai dikenalkan lagi dengan hair dryer dengan angin yang tidak panas agar tidak kepanasan dan dimulai dengan angin yang pelan, untuk penyesuaian agar tidak takut.
  3. Pengeringan bulu, harus dilakukan sampai bulu bagian dalam pun harus kering, jadi bukan luarnya saja yang kering. Hal ini dapat mengakibatkan timbulnya jamur apabila bulu bagian dalam tidak kering atau lembab.
  4. Setelah bulu mulai kering, mulai dikenalkan lagi dengan yang namanya sisir, ini harus dilakukan dengan telaten, karena biasanya anak anjing paling tidak suka dengan sesuatu yang membosankan.
  5. Penyisiran harus dimulai dari bawah ke atas yang dimulai dengan bagian kepala dan terus turun ke ekor, kemudian dilanjutkan dengan bagian perut dan leher.
  6. Setelah selesai semuanya, dimulai lagi dengan tahap membersihkan telinga. Daun telinga dapat dibersihkan dengan menggunakan kapas dan alcohol 90%. Hanya dibersihakn daun telinganya saja. Tidak diperbolehkan menggunakan lidi atau benda apapun untuk mengorek dalam telinga, hanya bagian luarnya saja.

Yang harus diperhatikan ketika memandikan:
1.Pada saat memandikan, harus dijaga agar air tidak masuk kedalam telinga, karena sangat berbahaya dapat mengakibatkan pembusukkan didalam telinga.
2.Mandi untuk Chow Chow dapat dilakukan minimal 1 minggu 1 kali.
3.Untuk anakan Chow chow tidak diperbolehkan mandi sebelum vaksin yang kedua, untuk menjaga masuk angina atau sakit yang berlanjut.