Meditasi dengan Spiritual, apa hubungan nya?

Meditasi sama seperti olahraga. Meditasi merupakan praktik yang menghubungkan pikiran dan tubuh. Melalui meditasi, tak hanya menciptakan kondisi fisik yang baik namun bisa membuang stres, meningkatkan ketenangan dan kejernihan pikiran, serta rasa bahagia. Terdapat banyak jenis meditasi jika dilihat dari cara, fungsi, hingga pemaknaan nya.
Spiritual menurut Ellison (2002), adalah suatu usaha dalam mencari arti kehidupan, tujuan dan panduan dalam menjalani kehidupan bahkan pada orang-orang yang tidak memercayai adanya Tuhan.

Jadi, Bagaimana tanggapan kalian tentang hubungan antara meditasi dan spiritual? Apakah kalian mempercayai manfaatnya?

Setiap orang pasti menginginkan hidup yang sehat dan suci, baik dalam jasmani maupun rohani dengan tujuan untuk mencapai hidup yang tenang, aman, damai, tentram, baik untuk dirinya sendiri maupun keluarganya. Kebutuhan jasmani dan rohani itu sangat penting dalam hidup, sebab jika salah satunya tidak terpenuhi maka hidup akan jauh dari rasa tenang. Terlebih di zaman era modern ini banyak sekali orang khususnya anak-anak generasi milenial yang memiliki kesehatan mental yang buruk. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor seperti lingkungan keluarga yang tidak harmonis, tekanan dari orang tua yang terlalu menuntut, budaya hustle culture, tugas sekolah yang tidak kunjung henti, kasus bullying, dan lain sebagainya yang dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Maka dari itu penting sekali untuk menjaga kesehatan mental kita agar dapat menjalankan kehidupan dengan tenang dan damai.

Untuk mewujudkan hal tersebut, maka dapat melakukan aktivitas meditasi, yang artinya pemusatan perhatian terus menerus kepada satu objek sehingga orang yang melakukan meditasi sampai pada perenungan yang sangat dalam. Dalam Bahasa latin, meditasi berasa dari kata “Mederi” yang artinya menyembuhkan. Jadi meditasi adalah ilmu penyembuhan semua penyakit tubuh dan mental (Tristaningrat, 2020).

Jika dilihat dari sudut pandang spiritual, meditasi merupakan solusi untuk memperoleh badan jiwa yang sehat. Sebab definisi spiritual sendiri menurut KBBI yaitu berhubungan dengan atau bersifat kejiwaan (rohani, batin). Hal tersebut juga didukung oleh Juniartha (2017) yang menyatakan bahwa, meditasi merupakan bagian dari ajaran yoga yang memiliki manfaat luar biasa bagi kehidupan manusia karena dapat mempengaruhi moral, fisik, mental dan spiritual. Hal ini juga dapat aku rasakan ketika aku sedang merasa stress karena tugas dan tuntutan lainnya, kemudian aku memutuskan untuk melakukan meditasi di pagi hari sebelum beraktivitas dan juga saat malam hari sebelum tidur. Setelah melakukan meditasi aku merasa jauh lebih rileks dan tenang, sehingga cukup membantu aku untuk memulihkan kesehatan mental pada saat itu.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aktivitas meditasi sangat berhubungan dengan spiritual, karena dapat membantu seseorang agar sehat dalam jasmani maupun rohani.

Sumber

Juniartha, Made G. 2017. Teknik Meditasi Pada Perkumpulan Bali Usada Di Desa Sanur Kauh Kecamatan Denpasar Selatan Kota Denpasar. III(1): 26-47

Tristaningrat, Made Adi Nugraha. 2020. Meditasi Mindfulness Dalam Menjaga Emotional Stability. 1(1)

Yaa, menurutku meditasi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran spiritual kita.

Meditasi dapat membantu mencairkan lapisan-lapisan stres dan kecemasan yang menumpuk seiring waktu. Seiring waktu sekarang terdapat beberapa jenis meditasi kita bisa memilih ingin menerapkan yang mana. Kekuatan yang dihasilkan dari meditasi melepaskan energi tertinggi yang berada di kepala. Dengan membangkitkan energi tersebut mampu membersihkan sistem tubuh dari segala gangguan baik mental, spiritual, dan fisik.