MeatSale: Platform Jual-Beli Hasil Ternak Ayam

/uploads/db3342/original/2X/b/b2174e0d71f44ed689bfa86559e22fa09f318a82.mp4


Mengangkat tema peternakan

Berternak merupakan salah satu usaha yang di lakukan masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pasar akan daging dan hasil ternak lainnya. Beternak yang biasa sering dijumpai adalah peternak sapi dan peternak ayam. Peternak sapi dibagi menjadi peternak sapi pedaging dan sapi perah, sedangkan peternak ayam dibagi menjadi peternak ayam pedaging dan ayam petelur. Yang kami teliti saat ini adalah tentang peternak ayam pedaging dan petelur.

Peternak ayam dibagi menjadi peternak ayam kecil dan peternak ayam perusahaan/industri. Peternak ayam kecil adalah peternak ayam yang memiliki jumlah ayam di bawah 1000 ekor dan alat-alat yang digunakan pun masih secara tradisional. Peternak ayam perusahaan adalah peternak ayam yang memiliki jumlah ayam di atas 1000 ekor dan memiliki alat modern untuk perawatan ayam.

Permasalahan yang terjadi

-------#1
Masih banyak peternak ayam kecil yang mendapatkan masalah seperti:

  • Harga jual ayam dan telur sering kali jauh lebih kecil dibandingkan harga jual di pasaran.
  • Peternak ayam kecil yang kurang leluasa mendapatkan pasar/pembeli secara langsung karena lebih didominasi peternak-peternak ayam besar.

Selain itu, ada juga kasus semacam:
------- #2

  • Peternak ayam kecil sering kali hanya bisa memiliki sedikit langganan tengkulak/distributor, dikarenakan ada perjanjian antar peternak tengkulak/distributor yang membatasi pemasaran peternak.
  • Keterikatan yang kuat peternak kecil untuk menjual hasil ternaknya ke satu pembeli tetap karena tekanan hubungan social dan memang hasil ternak harus dijual habis sebelum tambah merugikan. Hal ini menjadi kondisi yang kurang menguntungkan bagi peternak kecil karena dapat menghilangkan potensi peternak kecil untuk lebih mengembangkan bisnisnya menjadi lebih besar.

------- #3
Disisi lain, terdapat beberapa pembeli hasil ternak/customer (ibu rumah tangga, tempat makan, catering, hotel dll) mendapatkan kesulitan untuk membeli ataupun mendapatkan suplai hasil ternak. Sering kali kendala yang dihadapi yakni:

  • Variatifnya permintaan dari pelanggan yang terkadang kurang sesuai dengan pasokan yang ada di pasar terkait jadwal/waktu, jenis olahan dan kualitas hasil ternak ayam.
  • Harga pasar yang tinggi dan sering kali tidak stabil.

Solusi yang coba ditawarkan

Mendapatkan masalah-masalah tersebut, muncul sebuah hipotesa solusi yang kami coba tawarkan yakni kami akan membuat sebuah platform online yang digunakan sebagai pemasaran antara peternak ayam kecil dan pelanggan. Platform tersebut kami namakan “MeatSale”.

MeatSale merupakan platform e-commerce berbasis web dalam bidang peternakan yang akan menjembatani para peternak-peternak ayam kecil supaya dapat memasarkan hasil ternak mereka secara langsung ke customer.

  • Pihak MeatSale melakukan survey peternak-peternak ayam kecil untuk mendapatkan hasil ternak yang akan dijual.
  • Pihak MeatSale membantu mengelola hasil ternak menjadi produk yang siap dijual ke customer.
  • Produk ternak akan dipasang dalam situs web sehingga tujuan pasar akan lebih banyak dan luas.
  • Dan tidak luput harga hasil ternak ayam yang ditawarkan di situs akan diatur sehingga menguntungkan pihak peternak dan pembeli.

Cara kerja dan fitur pada MeatSale

Berikut layanan dan fitur utama yang dimiliki MeatSale:
Fresh Produk
Memberikan jaminan kualitas produk dengan cara menampilkan produk-produk yang telah diseleksi sesuai standar terbaik, memiliki sertifikat dan diolah secara halal dengan tujuan untuk meningkatkan kepuasan dan kepercayaan pelanggan.

Informasi Harga Pasar
Menyajikan informasi up to date terkait harga jual hasil ternak ayam di pasaran beberapa daerah terkait, sehingga meskipun ada ketidakstabilan harga pelanggan tetap mengetahui sekaligus membandingkan harga untuk pembelian yang akan mereka lakukan.

Pelayanan Permintaan Khusus
Menyediakan sebuah form khusus untuk pelanggan yang membutuhkan produk tertentu namun masih belum ada di list produk yang ditampilkan oleh MeatSale. Supaya MeatSale tetap bisa memenuhi variatifnya permintaan pelanggan.

Penjadwalan pengiriman
Mengadakan sebuah fitur dimana pelanggan bisa memiliki pengaturan jadwal permintaan hasil ternak ayam yang mereka butuhkan bisa dalam 1 kali dalam seminggu tiap hari jum’at ataupun 2 kali seminggu dst. Akan ada notifikasi pendukung untuk mengkonfirmasi ulang ke pelanggan. Sehingga pelanggan lebih mudah untuk berlangganan pasokan dan lebih terjadwal.

Tracking Pengiriman
Menyediakan layanan berupa informasi terkait lokasi pengiriman produk yang sudah dipesan oleh pelanggan untuk membantu pelanggan mengetahui status dan posisi produk yang sudah mereka beli.


Kami harap bagi siapapun yang telah melihat artikel ini untuk berkenan memberikan tanggapan/komentar yang dapat mendukung proses pengembangan solusi kami lebih lanjut. Mengenai solusi yang sudah kami coba tawarkan, apakah sudah dapat menjawab beberapa permasalahan yang diangkat? 1 komentar sangatlah berharga bagi kami atau bisa juga memberi komentar pada channel Youtube kami dengan link di bawah ini. Terima kasih banyak.

Jika video tidak bisa diputar, Silahkan kunjungi channel youtube kami disini (Video: MeatSale).

3 Likes

mungkin disini saya akan memberikan komentar sebagai seorang pembeli.
saya rasa bagus, karna terkadang kita beli di di pedangang itu mahal. tetapi sebenernya dari peternaknya itu tidak. nah, jadi mungkin mampu memberikan kesejahteraan yg lebih baik kepada pedangang atau pemasok.
dari sisi pembeli, mungkin nantinya akan merasa percaya jika daging yang mereka beli masih segar dan bebas dari bahan-bahan berbahaya.
karna biasanya, kebanyakan dari mereka yang membeli untuk diolah sendiri dirumah. seperti ibu-ibu, nantinya masakan yg mereka sajikan pastinya yg terbaik untuk keluarga mereka.
Sukses ya!

Menurut saya, aplikasi ini sudah sangat bagus dan sangat membantu. akan tetapi akan lebih baik jika varian produk lebih ditambahkan lagi dan kita diberitahu mengenai mitra peternak yang bergabung bersama MeatSale ini.

1 Like

Menurut saya pada fitur fresh produk sebaiknya disertakan bukti sertifikat atau ijin yang menunjukkan bahwa daging-daging yang dijual halal dan terjamin kualitasnya. Misalnya : dari MUI, BPOM RI. Supaya calon pembeli lebih percaya dan tidak ragu untuk membeli daging di MeatSale.

1 Like

Yang perlu diperhatikan dalam ide produk ini adalah manajemen rantai suplai-nya, dimana petugas MeatSale akan mengantarkan pesanan yang ada. Apabila pesanan dalam jumlah kecil, apakah biaya pengiriman-nya akan efisien?

Selain itu, bagaimana cara terbaik untuk pengiriman barangnya ? Mengingat produk yang dijual bukanlah produk yang dapat bertahan lama kecuali dilakukan proses pengawetan terlebih dahulu.

Terima kasih untuk masukannya, untuk menambahkan sertifikasi halal dan kualitas (MUI, BPOM RI) pasti akan segera kami urus sambil jalan. Karena untuk saat ini kami masih lebih memfokuskan terhadap permasalahan yang ada. Namun memang segi kualitas dan jaminan halal akan terus kami pantau sesuai dengan layanan fitur yang kami utarakan.

  • Team MeatSale -

Produk yang kami tawarkan nantinya juga akan mengatur proses olahan hasil ternak sampai siap ditawarkan menggunakan platform e-commerce dalam satu manajemen, dan untuk saat ini kami fokus mengantarkan pemesanan di daerah Malang. Jadi untuk masalah pengiriman tidak terlalu berdampak pada perbedaan jarak secara signifikan dengan alokasi biaya pengiriman sama rata. Akan kami usahakan untuk selalu memeberikan hasil ternak yang fresh dengan mengirimkan pesanan ketika ada pelanggan yang memesan, ditambah adanya fitur penjadwalan yang dapat membantu mengatur jadwal. Untuk pengawetan sendiri akan kami sediakan dalam bentuk freeze dan dikemas dengan rapi dan menarik.

  • Team MeatSale -

Terima kasih atas komentarnya, memang untuk harga sering kali terjadi permainan yang terkadang menjadikan selisih harga pedagang jauh dari peternak asalnya. Namun juga tidak menutup kemungkinan masih ada pedagang yang tidak mematok harga mahal. Nah disini kita coba untuk menyeimbangkan dengan jelas antara harga jual peternak maupun harga pasar yang lebih sesuai. Untuk kualitas produk segar dan bebas dari bahan-bahan berbahaya itu sendiri, kami akan selalu pantau sesuai dengan layanan fitur yang kami utarakan.

  • Team MeatSale -
1 Like