/uploads/db3342/original/2X/b/b2174e0d71f44ed689bfa86559e22fa09f318a82.mp4
Mengangkat tema peternakan
Berternak merupakan salah satu usaha yang di lakukan masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pasar akan daging dan hasil ternak lainnya. Beternak yang biasa sering dijumpai adalah peternak sapi dan peternak ayam. Peternak sapi dibagi menjadi peternak sapi pedaging dan sapi perah, sedangkan peternak ayam dibagi menjadi peternak ayam pedaging dan ayam petelur. Yang kami teliti saat ini adalah tentang peternak ayam pedaging dan petelur.
Peternak ayam dibagi menjadi peternak ayam kecil dan peternak ayam perusahaan/industri. Peternak ayam kecil adalah peternak ayam yang memiliki jumlah ayam di bawah 1000 ekor dan alat-alat yang digunakan pun masih secara tradisional. Peternak ayam perusahaan adalah peternak ayam yang memiliki jumlah ayam di atas 1000 ekor dan memiliki alat modern untuk perawatan ayam.
Permasalahan yang terjadi
-------#1
Masih banyak peternak ayam kecil yang mendapatkan masalah seperti:
- Harga jual ayam dan telur sering kali jauh lebih kecil dibandingkan harga jual di pasaran.
- Peternak ayam kecil yang kurang leluasa mendapatkan pasar/pembeli secara langsung karena lebih didominasi peternak-peternak ayam besar.
Selain itu, ada juga kasus semacam:
------- #2
- Peternak ayam kecil sering kali hanya bisa memiliki sedikit langganan tengkulak/distributor, dikarenakan ada perjanjian antar peternak tengkulak/distributor yang membatasi pemasaran peternak.
- Keterikatan yang kuat peternak kecil untuk menjual hasil ternaknya ke satu pembeli tetap karena tekanan hubungan social dan memang hasil ternak harus dijual habis sebelum tambah merugikan. Hal ini menjadi kondisi yang kurang menguntungkan bagi peternak kecil karena dapat menghilangkan potensi peternak kecil untuk lebih mengembangkan bisnisnya menjadi lebih besar.
------- #3
Disisi lain, terdapat beberapa pembeli hasil ternak/customer (ibu rumah tangga, tempat makan, catering, hotel dll) mendapatkan kesulitan untuk membeli ataupun mendapatkan suplai hasil ternak. Sering kali kendala yang dihadapi yakni:
- Variatifnya permintaan dari pelanggan yang terkadang kurang sesuai dengan pasokan yang ada di pasar terkait jadwal/waktu, jenis olahan dan kualitas hasil ternak ayam.
- Harga pasar yang tinggi dan sering kali tidak stabil.
Solusi yang coba ditawarkan
Mendapatkan masalah-masalah tersebut, muncul sebuah hipotesa solusi yang kami coba tawarkan yakni kami akan membuat sebuah platform online yang digunakan sebagai pemasaran antara peternak ayam kecil dan pelanggan. Platform tersebut kami namakan “MeatSale”.
MeatSale merupakan platform e-commerce berbasis web dalam bidang peternakan yang akan menjembatani para peternak-peternak ayam kecil supaya dapat memasarkan hasil ternak mereka secara langsung ke customer.
- Pihak MeatSale melakukan survey peternak-peternak ayam kecil untuk mendapatkan hasil ternak yang akan dijual.
- Pihak MeatSale membantu mengelola hasil ternak menjadi produk yang siap dijual ke customer.
- Produk ternak akan dipasang dalam situs web sehingga tujuan pasar akan lebih banyak dan luas.
- Dan tidak luput harga hasil ternak ayam yang ditawarkan di situs akan diatur sehingga menguntungkan pihak peternak dan pembeli.
Cara kerja dan fitur pada MeatSale
Berikut layanan dan fitur utama yang dimiliki MeatSale:
• Fresh Produk
Memberikan jaminan kualitas produk dengan cara menampilkan produk-produk yang telah diseleksi sesuai standar terbaik, memiliki sertifikat dan diolah secara halal dengan tujuan untuk meningkatkan kepuasan dan kepercayaan pelanggan.
• Informasi Harga Pasar
Menyajikan informasi up to date terkait harga jual hasil ternak ayam di pasaran beberapa daerah terkait, sehingga meskipun ada ketidakstabilan harga pelanggan tetap mengetahui sekaligus membandingkan harga untuk pembelian yang akan mereka lakukan.
• Pelayanan Permintaan Khusus
Menyediakan sebuah form khusus untuk pelanggan yang membutuhkan produk tertentu namun masih belum ada di list produk yang ditampilkan oleh MeatSale. Supaya MeatSale tetap bisa memenuhi variatifnya permintaan pelanggan.
• Penjadwalan pengiriman
Mengadakan sebuah fitur dimana pelanggan bisa memiliki pengaturan jadwal permintaan hasil ternak ayam yang mereka butuhkan bisa dalam 1 kali dalam seminggu tiap hari jum’at ataupun 2 kali seminggu dst. Akan ada notifikasi pendukung untuk mengkonfirmasi ulang ke pelanggan. Sehingga pelanggan lebih mudah untuk berlangganan pasokan dan lebih terjadwal.
• Tracking Pengiriman
Menyediakan layanan berupa informasi terkait lokasi pengiriman produk yang sudah dipesan oleh pelanggan untuk membantu pelanggan mengetahui status dan posisi produk yang sudah mereka beli.
Kami harap bagi siapapun yang telah melihat artikel ini untuk berkenan memberikan tanggapan/komentar yang dapat mendukung proses pengembangan solusi kami lebih lanjut. Mengenai solusi yang sudah kami coba tawarkan, apakah sudah dapat menjawab beberapa permasalahan yang diangkat? 1 komentar sangatlah berharga bagi kami atau bisa juga memberi komentar pada channel Youtube kami dengan link di bawah ini. Terima kasih banyak.
Jika video tidak bisa diputar, Silahkan kunjungi channel youtube kami disini (Video: MeatSale).