Matt Cohler : Investor muda yang handal

Biografi, Matt Cohler


Pekerjaan

  • Investor & General Partner at Benchmark
  • board of directors

Afiliasi Lainnya

  • Greenhouse Software, Inc.
  • Tinder, Inc.
  • Snap, Inc.

Tempat dan Tanggal Lahir
New York City, New York, Amerika Serikat. 27 Maret 1977

Kewarganegaraan
Amerika Serikat

Pendidikan
Bachelor of Arts / Science, Yale University

Total Kekayaan
$670 Million Dollar - (2016)

Peringkat Berdasarkan Forbes

  • 23 America’s Richest Entrepreneurs Under 40 (2016)
  • 26 America’s Richest Entrepreneurs Under 40 (2015)
  • 46 The Midas List Tech’s Top Investors (2016)
  • 68 The Midas List Tech’s Top Investors (2012)

Riwayat Hidup


Matt Cohler lahir di New York City, Amerika Serikat pada 27 maret 1977. Ia mengambil gelar sarjana Arts / Science di Yale University, New Haven, Connecticut, Amerika Serikat.
Ia mengambil pendidikan di universitas tersebut di tahun 1995 dan lulus pada tahun 2001

Riwayat Karir


Pada awal karirnya, di tahun 1998, Matt Cohler bekerja di Beijing sebagai Marketing di ASIANINFO, sebuah startup di China yang membangun infrastruktur untuk internet dan penyedia solusi perangkat lunak serta layanan IT untuk industri telekomunikasi di China.

Dan ditempat yang sama, pada tahun 2001, Cohler menjadi konsultan manajemen di McKinsey & Company, sebuah perusahaan manajemen konsultan multinasional.

Pada tahun 2003, Dia berteman dengan Reid Hoffman, pendiri LinkedIn, sebuah jejaring sosial berorientasi bisnis yang digunakan untuk bekerjasama secara professional.
Kemudian cohler menjadi anggota Hoffman sebagai tim pendiri startup Linkedln. Cohler menjabat sebagai Vice President and General Manager di Linkedln serta dianggap sebagai tangan kanan Hoffman.

Pada tahun 2005, Cohler merupakan salah satu dari lima karyawan pertama yang direkrut Facebook, jejaring sosial raksasa yang dikomandoi oleh Mark Zuckerberg. Cohler menjabat sebagai Vice President of Product Management di Facebook, dimana ia memimpin pengembangan inisiatif strategi baru bagi perusahaan. Cohler memainkan peran penting dalam tim selama bertahun-tahun pada tahap-tahap penting perkembangan di Facebook. Lalu pada juni tahun 2008, ia meninggalkan Facebook

Kemudian pada tahun 2008 hingga saat ini, Matt Cohler menjadi Mitra Umum di Benchmark. Dia bertanggung jawab untuk mengidentifikasi peluang investasi di perusahaan yang berhubungan dengan internet, selain bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan di seluruh portofolio perusahaan.

Selama di Benchmark, Matt telah bermitra dengan pengusaha dari seluruh industri sosial mobile dan cloud dari seluruh dunia seperti Instagram, Dropbox, Quora, Asana, Domo, Edmodo, Baixing, CouchSurfing, Peixe Urbano, ResearchGate, 1stdibs, dan Zendesk.

Fakta - Fakta


  • Cohler adalah salah satu dari lima karyawan pertama yang direkrut di Facebook
  • Cohler merupakan salah satu pendiri FWD.us
  • Ia juga menjadi anggota dari tim pendiri LinkedIn
  • Cohler bergabung dengan facebook tahun 2005 dan keluar pada tahun 2008 sebagai Vice President and Special Advisor
  • Sejak Mei 2008 hingga September 2015, Cohler tercatat telah berinvestasi sebanyak 30 kali di 18 perusahaan berbeda.
  • Cohler mempelajari secara otodidak beberapa ilmu komputer di perguruan tinggi dan sejak kecil telah bermain-main dengan pemrogaman
  • Cohler menyukai music Jazz

Quotes


  • I’m sure I passed on some things that will probably be successful. Matt Cohler
  • I think daily deals are a good idea. Any ad people view as content is a good ad, and that’s true for daily-deal ads too. Matt Cohler
  • Groupon has some interesting assets. Matt Cohler
  • I think mobile advertising is going to be huge. Matt Cohler
  • The same regions of the brain light up when someone touches their smartphone as when they touch a family member or a pet. Matt Cohler
  • Mobile is something I think about all the time now. Matt Cohler
  • I’m easy to find on the Internet. Matt Cohler
  • I am very aware that I’m one of the luckiest people who ever lived. Matt Cohler
  • One of the torturous things about my job is that, as time goes on, you get more and more clarity on all the things you’ve screwed up and all the mistakes you’ve made. Matt Cohler

Referensi


Riwayat Hidup


Matt Cohler adalah seorang pengusaha startup Amerika Serikat yang sekarang bernaung di Silicon Valley. Sillicon Valley adalah daerah San Fransisco Bay, California, Amerika Serikat, dimana daerah tersebut adalah pusat teknologi dunia. Matt Cohler lahir di New York, Amerika Serikat pada 27 Maret 1977. Matt Cohler lulus dengan gelar Bachelor of Arts dari Universitas Yale dengan predikat cumlaude. Beliau juga menjabat sebagai anggota komite penasihat Presiden Digital yang terdiri dari alumni Universitas Yale dan dianggap sebagai pemimpin teknologi.

Perjalanan Karir


Saat ini, beliau menjadi rekanan umum di Benchmark Capital. Matt Cohler bekerja sebagai pengidentifikasi bidang investasi jasa Internet dan juga bekerja sebagai pemeriksa dalam portofolio perusahaan Benchmark Capital. Sebelumnya, beliau menjabat sebagai Wakil Presiden Manajamen Produk di Facebook dan memutuskan keluar pada tahun 2008. Beliau memimpin pengembangan kebijakan strategis untuk perusahaan tersebut. Sebagai karyawan ketujuh di Facebook, Matt Cohler telah bekerja di perusahaan tersebut selama fase kritis perusahaan melanda.

Matt Cohler juga pernah menjabat sebagai Wakil Presiden dan Manajer Umum di LinkedIn dan beliau juga termasuk dalam anggota tim pendiri perusahaan. Selain itu, Matt Cohler pernah menjadi konsultan di kantor Silicon Valley McKinsey & Company dan juga bekerja di Beijing untuk AsiaInfo. AsiaInfo adalah perusahaan startup dari China yang bekerja dalam pembangunan infrastruktur internet di China.

Keberhasilan Usaha


Keberhasilan Matt Cohler termasuk dalam pembuatan penyimpanan unicode Dropbox, situs jawaban Quora, layanan kencan Tinder, pembuat alat sumber daya manusia Greenhouse Software dan Laurel & Wolf. Beliau adalah anggota dewan di Tinder dan ResearchGate, jaringan yang berbasis di Berlin, Jerman untuk pengembangan iptek yang telah mengumpulkan dana lebih dari 100 juta dollar Amerika. Tulisan Matt Cohler mengenai ekonomi startup telah dipublikasikan di Harvard Business Review.

Kata-kata Mutiara Matt Cohler


“Saya menyadari bahwa saya adalah orang paling beruntung yang diciptakan oleh Tuhan.”

Referensi


https://www.allamericanspeakers.com/celebritytalentbios/Matt+Cohler

Lahir di New York City, New York, Amerika Serikat pada tanggal 27 Maret 1977, Matt Cohler tumbuh menjadi seorang pengusaha dan pemodal usaha Amerika Serikat yang menetap di Silicon Valley. Cohler berkuliah di Universitas Yale pada tahun 1995 dan lulus pada tahun 2001 dengan gelar Barchelor of Arts. Dengan berbagai pengalaman menjadi pengusaha dan pemodal usaha di Amerika Serikat, Matt Cohler membuktikan bahwa kesuksesan tidak hanya bersumber dari satu usaha saja.


PERJALANAN KARIR

Berikut ini adalah pengalaman Matt Cohler di dunia usahanya maupun dunia kerjanya. :

  1. Bekerja di Asiainfo sebagai Marketing (1998-1999)
  2. Bekerja di McKinsey & Company sebagai General Manager dan Vice President (2003-2005)
  3. Bekerja di Facebook sebagai Vice President dan Special Advisor (2005-2012)
  4. Bekerja di Benchmark sebagai General Partner (2008-sekarang)
  5. Pendiri FWD.us
  6. Telah berinvestasi sebanyak 34 kali di 19 perusahaan

Matt Cohler juga menjabat sebagai Member of Board of Directors dari perusahaan berikut :

  1. Tinder
  2. Edmodo
  3. 1stdibs
  4. Greenhouse Software
  5. Duo Security
  6. Xapo
  7. Domo
  8. Couchsurfing
  9. Quora
  10. ResearchGate
  11. Peixe Urbano
  12. Asana

Dan menjadi Member of Board Obsever pada perusahaan berikut :

  1. Uber
  2. baixing.com
  3. Zendesk
  4. Instagram

Matt Cohler meninggalkan pekerjaannya sebagai Special Advisor dan Vice President di Facebook karena beliau direkrut perusahaan Benchmark Capital di Silicon Valley venture dan menjabat sebagai General Partner.

Pengumuman ini bertepatan dengan keluarnya co-founder dan Chief Technology Officer, Adam D’Angelo di Facebook. Cohler merupakan satu dari lima karyawan pertama yang di rekrut di Facebook. Matt Cohler juga membantu dan mengawasi perusahaannya, Facebook. Kepergiannya Cohler dari Facebook menimbulkan pertanyaan publik tentang bagaimana perubahan di Facebook itu sendiri.

Belum jelas mengapa Cohler pergi, beliau mengatakan konferensi persnya “Ini merupakan kesempatan yang sangat luar biasa untuk membuat pengalaman saya lebih bermanfaat karena membantu pengusaha-pengusaha yang hebat dan berdampingan dengan beberapa investor terbaik dengan strategi dan teknologi yang saya punya”


APA YANG HARUS DILAKUKAN AGAR BISA MENJADI PENGUSAHA SUKSES MENURUT MATT COHLER?

  1. Berhubungan dengan modal, pengusaha butuh menanyakan kepada dirinya sendiri dengan dua pertanyaan yang sangat penting :

    • Uang yang di investasikan dari investor adalah uang investor itu sendiri atau bukan?
    • Apa yang sudah investor lakukan untuk membuat perusahaan yang sangat hebat?
  2. Pikirkan modal yang anda punya hari ini untuk modal yang akan anda gunakan di masa depan dan bagaimana keduanya itu saling berhubungan

  3. Kita tidak punya masalah “inovasi” di Silicon Valley, yang kita punya adalah masalah “aspirasional”.

  4. Pengusaha yang hebat itu berpikir besar dan jangan fokus dalam meminimalisikan resiko, tapi fokuslah dalam memaksimalkan potensi.


KATA MUTIARA MENURUT MATT COHLER

“Saya yakin dengan apa yang sudah saya lakukan akan membawa saya pada kesuksesan” -Matt Cohler.


REFERENSI

https://www.linkedin.com/title/general-manager-and-vice-president?trk=pprofile_title

https://www.crunchbase.com/person/matt-cohler

Pada awalnya,ia bekerja di cina sebagai konsultan managemen di Mckinsey & Company. Dia dan temannya Reid Hoffman, menjadi pendiri startup Linkedln . Ia menjabat wakil presiden dan manager utama di Linkedln juga sebagai tangan kanan Hoffman.

Matt merupakan salah satu dari lima pendiri Facebook . Ia menjadi wakil presiden managemen produk yang kemudian menjadi penasihat Mark Zuckerberg . Pada tahun 2008,ia memutuskan untuk mengundurkan diri dan menjadi partner di Benchmark. Di Benchmark ia berinvestasi dengan banyak perusahaan,seperti Dropbox , Asana , Quora dan Perusahaan besar lainnya.

Tahun 2011,ia memiliki saham sebesar 7 juta USD di Instagram yang kemudian pada April 2012 diakuisisi oleh Facebook sebesar 1 Milyar USD. Tahun 2014,ia memimpin Benchmark untuk investasi dengan Xapo Ltd yang merupakan tempat penyimpanan Bitcoin.

Salah satu hal yang menyiksa pekerjaanku adalah seiring jalannya waktu,semakin banyak keuntungan yang kudapat yang dihasilkan dari apa yang kusinggkirkan dan kegagalanku.

Sumber :

Matt Cohler lahir pada tanggal 27 Maret 1977 di New York City, New York, Amerika Serikat. Matt Cohler dikenal sebagai investor, direktur, businessman, dan partner umum (sekutu kerja)

Matt Cohler terkenal sebagai salah satu penemu Facebook dan menjabat sebagai wakil presiden bidang manajemen produk untuk perusahaan tersebut. Pria berkebangsaan Amerika ini sekarang menjabat sebagai General Partner untuk Benchmark. Cohler masuk kedalam daftar Forbes Midas sebagai investor teknologi terbaik dan juga menjadi “40 enterpreneur Amerika terkaya dibawah usia 40 tahun” menurut Forbes pada tahun 2015 dengan total kekayaan mencapai 670 juta USD.

Cohler mendapat gelar kehormatan di universitasnya yaitu Yale University (1995-2001).Pada awal karirnya, dia bekerja di perusahaan Beijing bernama ASIANINFO Selanjutnya pada tahun 2001, dia bekerja di Cina menjadi manager di perusahaan Mckensy & Company. Ia berteman dengan Reid Hoffman dan menjadi salah satu penemu Linkedln. Seperti diketahui sebelumnya, Cohler adalah salah satu dari 5 pegawai pertama yang dipekerjakan di Facebook.

Pada tahun 2008 dia meninggalkan Facebook dan bergabung dengan Benchmark. Saat bekerja untuk Benchmark, Matt melakukan investasi untuk Dropbox, Asana, Quora, Greenhouse, Domo, Duo, Edmodo dan Lainnya. Pada tahun 2011, ia memimpin pendanaan untuk Instagram sebesar 7 juta USD. 2 tahun setelahnya, Matt Cohler menjadi salah seorang penemu organisasi bernama FWD.us yang berfokus kepada bidang imigrasi dan pendidikan.

Cohler pernah mengatakan bahwa ada banyak hal yang telah dilaluinya hingga menjadi seperti sekarang, namun Cohler mengungkapkan beberapa hal yang sangat dia ingat dalam perjalanan karirnya. Cohler mengatakan bahwa ada 3 momen yang memiliki pengaruh besar dalam karinya

  • Pada masa awal Facebook, Cohler membantu perusahaan mencari sumber investasi dan menemukan beberapa investor yang dapat mendanai Facebook. Dia membujuk Mark Zuckerberg untuk mengadakan pertemuan makan malam dengan Investor. Di saat makan malam tiba Mark tiba-tiba menghilang, Cohler kemudian mencarinya dan menemukan Mark sedang menangis di lantai kamar mandi. Ketika Cohler bertanya, Mark mengatakan bahwa dia sudah menemukan seorang investor sebelum pertemuan ini tanpa memberitahunya. Pada saat itu Cohler terkejut melihat sifat sebenarnya Mark karena dia belum pernah tahu sebelumnya. Hal ini lah yang memicu Cohler untuk mempelajari cara mengidentifikasi sifat seseorang.

  • Cerita kedua adalah saat dimana produk pertama Facebook dikeluarkan. Pada saat itu, Cohler berkata bahwa Facebook menerima banyak pukulan telak namun yang membuatnya kagum adalah keteguhan Mark yang tidak goyah sedikit pun. Mark berkata “ ini adalah masa depan Facebook, karena itulah kita ada disini”. Cohler mengatakan itu adalah salah satu pelajaran terbaik yang ia dapat selama hidupnya

  • Cerita terakhir adalah ketika dia membangkitkan Snapchat dari keterpurukan. Pada saat itu, Snapchat dianggap sebagai media sexting (mengirimkan pesan yang meningkatkan birahi) tapi Cohler sesuatu yang berbeda dari para pengguna yaitu bahwa ini adalah suatu bentuk komunikasi baru yang dapat menggabungkan para pengguna secara lebih personal. Cohler mengatakan dia mendapatkan pelajaran yang berharga dari Snapchat : “ mulailah dengan membuka masalah kecil”

Hal yang menginspirasi dari Matt Cohler bahwa dia selalu mengambil pelajaran dari pengalaman pribadinya dan tidak malu belajar dari orang lain. Cohler pernah mengatakan dia belajar kepemimpinan dari Mark Zuckerberg dan ilmu berbisnis dari para investor, hal inilah yang membuat dia sukses seperti sekarang

Quotes : “Start with something specific, but not have it so specifically hard coded that you don’t leave yourself somewhere to go".

Sumber :


Mr Matthew R. Cohler, juga dikenal sebagai Matt, adalah Mitra Umum dan Mitra Benchmark. Mr Cohler bergabung dengan Benchmark pada tahun 2008. Dia menjabat sebagai Penasihat Asana, Inc. Dia menjabat sebagai Penasihat Zendesk ApS. Ia menjabat sebagai Penasihat Khusus Facebook, Inc., sejak awal tahun 2005. Beliau mendirikan FWD.us.

Dia memiliki pengalaman luas bekerja dengan pengusaha hebat untuk membangun perusahaan internet konsumen yang langgeng. Dia menjabat sebagai Vice President of Product Management di Facebook, Inc., di mana dia mengawasi organisasi pengembangan produk. Cohler menjabat sebagai Executive di AsiaInfo, Inc., di Beijing. Beliau menjabat sebagai Vice President Corporate Development dari bulan Mei 2005 sampai Juni 2008 dan juga menjabat sebagai Vice President Strategy & Business Operations.

Beliau menjabat sebagai Vice President Business Development dan General Manager di LinkedIn Corporation. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Konsultan di McKinsey & Company Inc. Mr Cohler berfokus untuk mengidentifikasi peluang investasi di layanan terkait internet dan bekerja dengan perusahaan portofolio. Dia menjabat sebagai Board Observer di Benchmark Capital VII, L.P. Dia telah menjadi Direktur 1stdibs.Com, Inc. sejak November 2011. Dia telah menjadi Direktur Tinder, Inc. sejak Oktober 2014.

Dia menjabat sebagai Direktur Duo Security, Inc., Uber Technologies, Inc., Xapo, Domo, Inc., Perangkat Lunak Rumah Kaca, ResearchGATE GmBH, CouchSurfing International Inc., Edmodo Inc., Peixe Urbano, Do Something and Asana Inc., Research GATE GmbH dan Quora, Inc. Ia menjabat sebagai Direktur Instagram, Inc., PEIXE URBANO WEB SERVIÇOS DIGITAIS LTDA. Dia bertugas di Dewan Gubernur Symphony San Francisco. Dia menjabat sebagai Direktur Zendesk, Inc. Mr. Cohler menerima sebuah B.A. dengan kehormatan dan perbedaan dari Universitas Yale.

Quotes : Mobile is something I think about all the time now.

Sumber :

https://www.bloomberg.com/research/stocks/private/person.asp?personId=22519174&privcapId=81838153