Masalah apa yang menjadi ancaman utama kepunahan spesies?

spesies terancam punah
Saat ini telah banyak spesies makhluk hidup yang telah terancam punah, bahkan telah punah. Masalah apa yang menjadi ancaman utama kepunahan spesies?

Secara umum penyebab utama penurunan populasi spesies adalah aktivitas manusia. Disadari atau tidak, lahan yang kita tempati, makanan, pakaian, bahan bakar, dan barang-barang yang kita beli, serta sampah yang kita hasilkan –berkontribusi menjadi penyebab punah atau berkurangnya populasi spesies, kerusakan habitat hutan, konflik manusia dan satwa, perdagangan, perburuan dan penangkapan berlebih, tangkapan samping (by catch), perubahan iklim, spesies invasif, polusi.

https://www.wwf.or.id/program/spesies/

Menurut saya ancaman utama bagi kepunahan spesies, dapat dilihat dari pembangunan sektor ekonomi. Dimana kita tahu, bahwa pembangunan sektor ekonomi yang disebabkan oleh perluasan lahan yang dahulunya dijadikan sebagai tempat spesies hidup sekarang beralih fungsi menjadi sektor pembangunan ekonomi. Baik lahan tersebut dijadikan sebagai proyek jalan raya maupun sebagai proyek hunian tempat tinggal masyarakat. Ini menyebabkan spesies tidak memiliki tempat untuk hidup maupun berkembang biak secara bebas dialam yang selalu dihuninya untuk bertahan hidup.