Masa depan Teknologi

futuretechnology

(Ade Listiawan) #1

Seperti yang kita ketahui saat ini, kita telah menemui berbagai macam alat teknologi yang serba canggih hingga mampu mempermudah kita dalam menyelesaikan perkerjaaan/kebutuhan kita sehari-hari.
Hal ini pada zaman sekarang sudah sulit kita hindari, seperti Industri menggunakan teknologi robotika untuk membuat produsen lebih efesien dan efektif, kita menggunakan smartphone dan beberapa gadget lainnya.

Perkembangan teknologi kurun waktu sangatlah tak terhindarkan dan cepat, namun apa yang terjadi apabila semua kehidupan kita sudah memasuki kehidupan digital dan ada teroris tak bertanggung jawab? Seperti mereka menyerang SCADA/9-11 Digital yang sering kita pakai saat ini? Atau kita telah memasuki smart city/smart home? Jadi mari kita berdiskusi

List pertanyaan
Apakah menurut kalian bahwa perkembangan Teknologi ini lebih cendurung berbahaya? Jika berbahaya, solusi nya bagaimana?
Prediksi apakah yang dapat kalian gambarkan tentang masa depan cyber pada kehidupan kita?


(Dictio Community) #2

Kalimat diatas terutama yang di bold tidak jelas. mohon untuk memperbaiki kalimatnya.

dictio.id


(oktavianis Kartikasari_135150201111241) #3

Berbahaya atau tidaknya perkembangan teknologi yang berkembang pesat di masa sekarang ini memang tidak bisa terelakkan. Hadirnya teknologi adalah untuk membantu mempermudah kehidupan manusia. Yaaa jangan sampai kita para pengguna jadi terlena dan menjadi generasi instan. Kalo ditanya terkait solusi, bagaimana kita yang para pengguna ini bijak dalam memanfaatkan teknologi.


(Ade Listiawan) #4

Terima kasih atas perhatiannya. Sudah saya rubah kalimat tersebut lebih jelas dan mendetail. Mohon maaf atas kesalahan tersebut.


(Ade Listiawan) #5

Iya baik terima kasih atas pendapatnya, memang benar kita harus memanfaatkan teknologi ini dengan baik. Seperti halnya handphone kita bisa menggunakan alat tersebut berbagai macam fungsinya seperti menelfon saudara kita, namun disisi lain ada beberapa yang menggunakan handphone untuk menelpon bom(detonate). Nah dalam versi tersebut apakah kita tidak bisa mengatasi sebuah permasalahan seperti tersebut sebelum hal itu terjadi? Mungkin pembaruan keamanan tidak cukup menurut saya. Sekian, mohon maaf apabila ada kata saya yang tidak begitu berkenan dihati kakak


(Putera Maranatha sitorus) #6

menurut saya bicara tentang masalah teknologi itu mempermudah kita dalam mencari informasi yang penting tapi di indonesia kalo mendengar kata "hacking atau hacker " itu terasa keren atau "wow " kalo masa depan teknologi mungkin beberapa orang bisa mengikuti luar tetapi dari segi kemampuan dia untuk menciptakan teknologi yang baru
kalo bicara tentang solusi yang tepat :
1 . dari segi pendidikan komputer dalam sekolah dasar tetep ada (membantu mereka berpikir " ga cuman **hacking saja yang keren **
2 . dari segi hukum ITE di indonesia kurang berjalan lancar
mungkin itu saja


(Asmi Afdilla) #7

Jika saja itu terjadi, maka kita akan berperang besar-besaran terhadap kejahatan cyber terhadap perbuatan yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu, sebelum pihak siapapun mengeluarkan terobosan tersebut harus memikirkan dari segala aspek dan kemungkinan yang akan terjadi apabila terjadi hal tersebut, baik dari kemungkinan terendah hingga terburuk. Karena ada pepatah “Mencegah lebih baik daripada memperbaiki”


(Muhammad Fauzi) #8

Apakah menurut kalian bahwa perkembangan Teknologi ini lebih cendurung berbahaya? Jika berbahaya, solusi nya bagaimana?
Ketika kita berbicara mengenai teknologi akan selalu ada pro dan contra, bagai pedang bermata dua karena selain benefit yang dibawanya juga akan ada mudharat ketika kita tidak bijaksana dalam menggunakannya. Kalau melihat kecenderungan efek dari teknologi, dengan masyarakat yang seperti ini, maka efek yang terlihat adalah bahaya. Karena banyak sekali masyarakat yang masih belum peduli dengan cyber security, penggunaan wifi public seenaknya tanpa tahu apa efek dari segala tindakan tersebut. Pencurian data akan sangat mudah dilakukan, dan data yang dicuri dapat disalahgunakan oleh orang tak bertanggung jawab, mulai dari kerugian materil seperti kartu kredit yang jebol sampai kerugian moril ketika data pribadi seperti foto kita di publish dengan tujuan merugikan kita. Hal ini harusnya menjadi perhatian kita pengguna teknologi, dan kita harus berubah! kita harus mengedukasi masyarakat agar lebih bijak dalam penggunaan teknologi, contoh internet, masih banyak orang yang menggunakan password yang sama sekali tidak aman, dan tidak sedikit yang engirimkan data penting tanpa adanya enkripsi data. Pendidikan hal ini harus ditanamkan sejak dini, sehingga kita dapat menggunakan teknologi dengan bijak dan hasil akhirnya adalah lebih banyak benefit dibandingkan mudharat.

Prediksi apakah yang dapat kalian gambarkan tentang masa depan cyber pada kehidupan kita?

Teknologi tak akan lagi bisa terpisahkan dari kehidupan manusia, mulai dari smart phone, smart tv, smart house, smart city, dan smart country menggunakan teknologi, dan itu akan mempermudah kehidupan kita. Lagi kita harus memperhatikan penggunaannya, karena akan selalu ada pihak yang mengambil keuntgungan dari data2 kita karena pada masa depan semua terintegrasi, ketika satu aspek hidup kita berhasil diretas maka pihak tak bertanggung jawab tersebut dapat dengan mudah mengambil keuntungan dari kita dan kita tidak akan menginginkan hal itu terjadi. Mari kita embrace perkembangan teknologi dengan menjadi smart people.

sumber:



(Chika Apsari Dinda) #9

Masa depan penuh teknologi. Siapa yang tidak ingin jika kehidupan mereka berjalan dengan praktis dan instan? Dulu saat teknologi belum berkembang seperti sekarang, banyak orang yang sangat mendambakan teknologi yang canggih agar kehidupan mereka lebih mudah. Bahkan banyak juga yang berangan-angan teknologi yang tidak masuk akal dapat diciptakan. Teknologi saat ini sudah menjadi bagian dari kehiduoan manusia. Teknologi dan manusia sudah hidup berdampingan semenjak teknologi itu ada. Teknologi terus berkembang, dari penemuan teknologi yang bertujuan demi kebaikan manusia sampai menjadi teknologi yang merusak kehidupan manusia. Menurut saya, masa depan dengan teknologi cenderung berbahaya. Solusi dari saya, orang-orang harus lebih bersosialiasi, merangkul orang-orang yang sudah terjebak di dunia teknologi dan juga menggunakan teknologi jika diperlukan saja (tidak berlebihan atau bertergantungan). Bukan berarti saya mengatakan teknologi itu buruk, karena itu tergantung dari bagaimana manusia menggunakan teknologi.