Manfaat menjemur bayi dipagi hari


Para orang tua yang pernah atau sedang memiliki bayi kecil yang baru lahir pasti tidak asing lagi dengan kegiatan menjemur bayi di pagi hari. Selama beberapa waktu, bayi yang baru lahir memang harus dijemur di bawah sinar matahari. Tentu saja kegiatan menjemur bayi ini tidak dilakukan sembarangan, akan tetapi hanya bisa dilakukan setiap hari pada pukul 7 pagi sampai 9 pagi saja, dimana saat sinar matahari belum terlalu menyengat. Sinar matahari pagi dianggap dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Apa saja manfaatnya?

Manfaat Berjemur Untuk Kesehatan Bayi

  1. Menghindarkan Bayi Kuning
    Bayi baru lahir beresiko mengalami kuning karena kadar bilirubin mulai naik pada hari ke 3 sampai hari ke 5 dan menurun pada saat bayi berusia 7 sampai 10 hari. Manfaat sinar matahari pagi bagi kesehatan bayi dapat membantu memecah bilirubin dalam darah bayi sehingga kadarnya menurun dan kembali normal. Dengan demikian rona kulit bayi yang kuning akan berangsur normal juga.

  2. Memperkuat Tulang Bayi
    Kandungan vitamin D dalam sinar matahari pada kesehatan bayi berperan untuk membantu kalsium agar mudah terserap dalam darah dengan demikian akan menyatu dengan tulang untuk memperkuat tulang. Rajinlah menjemur bayi di pagi hari, maka pertumbuhan tulang bayi akan lebih kuat dan tubuh bayi lebih sehat.

  3. Menghangatkan Tubuh Bayi
    Menjemur bayi di sinar matahari pagi juga akan membantu menghangatkan tubuh bayi, terutama bayi yang memiliki risiko alergi. Sinar matahari akan membantu bayi untuk menghilangkan lendir yang masih tertinggal dalam saluran pernafasannya, terutama pada bayi yang mempunyai alergi.

  4. Menghindari Stres Pada Bayi
    Bayi bisa stres? Walaupun kedengarannya mustahil, bayi bisa saja mengalami stres pasca dilahirkan. Tandanya adalah menangis terus menerus tanpa ada gejala penyakit lainnya yang tampak atau setelah didiskusikan ke dokter anak. Sinar matahari pagi dapat membantu melepaskan hormon endorphin dalam tubuh bayi yang dapat membantu melawan stres yang dirasakan bayi.

Referensi