Manfaat makan nangka selama bulan Ramadhan

Manfaat makan nangka selama bulan Ramadhan

Sebutkan manfaat dari buah nangka selama bulan Ramadhan?

  1. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular
    Buah nangka mengandung kalium, yang penting dalam mengendalikan tekanan darah dan detak jantung. Kandungan kalium dan vitamin B6 dosis sehat di dalam buah nangka akan membantu Anda mengurangi risiko terkena serangan jantung dan stroke. Selain itu, buah nangka juga mengandung resveratrol yang memiliki efek proteksi kardio dan dapat membantu mengobati penyakit kardiovaskular seperti iskemia, hipertensi dan aterosklerosis.

  2. Memperbaiki sistem pencernaan
    Nangka mengandung banyak serat yang sangat diperlukan untuk memperlancar sistem pencernaan seperti sembelit. Selain itu, 90 persen buah ini adalah karbohidrat kompleks yang cocok dikonsumsi pelaku diet. Kandungan karbohidrat pada nangka membuat perut kenyang lebih lama, sehingga mengurangi nafsu makan.

  3. Biji nangka sebagai makanan rendah glikemik
    Selain daging buah, nyatanya biji nangka juga bermanfaat untuk kesehatan. Jika Anda salah satu otang yang perlu mengatur kadar glukosa darah, maka Anda disarankan untuk rutin mengonsumsi biji nangka. Pasalnya, biji nangka merupakan sumber pati serat makanan yang baik.

Biji nangka yang direbus atau dikukus yang ditambahkan beberapa bumbu sederhana menjadikan salah satu makan yang mengandung kadar glikemik yang rendah. Makan yang memiliki indeks glikemik rendah adalah makanan yang tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah dalam tubuh secara signifikan.

  1. Membantu mengontrol diabetes
    Buah nangka mengandung beberapa vitamin dan mineral yang akan membantu mengurangi risiko komplikasi diabetes Anda. Ilmuwan yang mempelajari hubungan antara nangka dan diabetes menemukan bahwa pasien diabetes yang diberi ekstrak nangka telah memperbaiki toleransi glukosa dibandingkan dengan mereka yang tidak diberi ekstrak.

Manfaat buah nangka tidak hanya terbatas hanya di daging dan bijinya saja. Siapa sangka jika daun nangka pun memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan? Penelitian terbaru yang diuji coba pada tikus diabetes menemukan daun nangka mengandung bahan kimia tertentu yang membantu mengurangi kadar gula darah. Semua hasil awal menunjukkan bahwa daun nangka dapat membantu menstabilkan kadar gula darah pada manusia dan dapat digunakan untuk mengendalikan diabetes.

Namun perlu diingat, buah nangka bukanlah obat. Mengonsumsi buah nangka secara berlebihan pun memiliki risiko. Hingga saat ini, belum ada penelitian yang menentukan dosis atau jumlah buah nangka yang tepat dan aman untuk mendapatkan manfaat-manfaat tersebut.