Manfaat madu untuk kesehatan gigi

Madu, si cairan kental yang dihasilkan oleh lebah ini memiliki rasa yang manis seperti gula karena madu mengandung unsur monosakarida fruktosa dan glukosa. Bedanya, madu merupakan jenis pemanis yang alami sementara gula adalah pemanis buatan.
we

manfaat-manfaat apa saja yang terkandung dalam madu untuk perawatan serta pengobatan gigi.

  1. Mencegah Gigi Berlubang
    Gigi berlubang terkadang dianggap sesuatu yang lumrah terjadi pada gigi sehingga biasanya orang-orang yang memiliki gigi berlubang sering kali bersikap acuh dan kerap mengabaikannya. Padahal gigi berlubang yang dibiarkan begitu saja memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh. Terdapat beberapa resiko bahaya yang disebabkan oleh gigi berlubang seperti sakit gigi, penyebab sariawan, infeksi pembuluh darah serta radang gusi. Selain itu, gigi berlubang juga merupakan alasan gigi harus dicabut.

  2. Mengobati Sakit Gigi Berlubang
    Salah satu dampak akibat gigi berlubang adalah sakit gigi. Sakit gigi berlubang dapat dipicu oleh adanya pengikisan yang terjadi akibat asam yang ditimbulkan oleh bakteri. Ketika pengkisan tersebut sampai pada lapisan dalam gigi yang disebut pulpa maka lapisan tersebut akan mengalami peradangan. Nah, dari situlah rasa nyeri dan sakit akan muncul.

  3. Mencegah Bau Mulut
    Madu bisa digunakan sebagai obat kumur alami yang berfungsi untuk menghilangkan atau cara mencegah bau mulut. Bau mulut disebabkan oleh adanya gangguan kesehatan pada gigi dan mulut yang menyebabkan bakteri penghasil gas Volatile Sulfure Compounds yang berbau tajam ini meningkat.
    Dan, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa madu memiliki zat anti bakteri yang berguna untuk membunuh jenis-jenis bakteri dalam mulut. Dengan demikian. anda bisa menggunakan madu untuk menghilangkan serta mencegah munculnya bau yang tidak sedap dari mulut anda.

  4. Mengatasi Infeksi Gusi
    Satu lagi jenis-jenis penyakit mulut yang disebabkan oleh bakteri, yaitu infeksi gusi. Infeksi gusi ditandai dengan adanya pembengkakan yang terjadi di sekitar gusi dan bila tidak segera ditangani makan infeksi gusi tersebut akan menyebabkan berbagai masalah pada gigi anda.
    Dengan demikian, untuk mengatasi infeksi gusi anda bisa memilih madu sebagai jalan keluarnya. Anti bakteri alami pada madu mampu mengobati gusi yang terinfeksi. Ada dua cara yang bisa anda gunakan saat mengobati infeksi pada gusi anda yakin; Pertama, anda bisa mengoleskan madu secara langsung pada gusi yang bengkak, dan yang kedua, anda bisa mencampur madu dengan segelas air hangat untuk dipakai berkumur.

  5. Menguatkan Gigi
    Manfaat madu untuk gigi selanjutnya adalah menguatkan gigi. Madu memiliki kandungan nutrisi yang komplit untuk membuat gigi anda kuat. Kandungan nutrisi tersebut meliputi, kalsium, zat besi, dan magnesium.
    Ketiga kandungan nutrisi tersebut mampu mengembalikan serta mempertahankan kepadatan tulang gigi yang berkurang yang disebabkan oleh beberapa faktor.

sumber : https://halogigi.com/