Manfaat Ilmiah dari Menolong Sesasama

Kesukarelaan waktu, uang, atau energi Anda untuk membantu orang lain tidak hanya membuat dunia menjadi lebih baik-ini juga membuat Anda lebih baik. Studi menunjukkan bahwa tindakan menolong sesama dapat meningkatkan kebahagiaan, kesehatan, dan rasa kesejahteraan Anda. Inilah tujuh manfaat ilmiah dari pemberian pinjaman kepada mereka yang membutuhkan

  1. MEMBANTU ORANG LAIN DAPAT MEMBANTU ANDA LEBIH LAMA.

Ingin memperpanjang masa hidupmu? Pikirkan tentang secara teratur membantu di dapur umum atau melatih tim bola basket di sebuah sekolah tinggi berisiko tinggi. Penelitian telah menunjukkan bahwa jenis kegiatan ini dapat memperbaiki kesehatan dengan cara yang dapat memperpanjang relawan seumur hidup Anda menunjukkan kemampuan yang lebih baik untuk mengelola stres dan mencegah penyakit serta mengurangi tingkat depresi dan peningkatan rasa kepuasan hidup.

  1. MEMBANTU ORANG LAIN MEMBUAT KITA BAHAGIA

Satu tim sosiolog melacak 2000 orang selama periode lima tahun dan menemukan bahwa orang Amerika yang menggambarkan diri mereka sebagai “sangat bahagia” secara sukarela setidaknya 5,8 jam per bulan. Rasa kesejahteraan yang tinggi ini mungkin merupakan hasil sampingan yang lebih aktif secara fisik sebagai hasil dari relawan, atau karena hal itu membuat kita lebih aktif secara sosial.

  1. MEMBANTU ORANG LAIN MENURUNKAN TEKANAN DARAH

Jika Anda berisiko mengalami masalah jantung, dokter Anda mungkin sudah menyuruh Anda untuk mengurangi daging merah atau jam kerja Anda yang penuh tekanan. Namun, Anda juga harus mempertimbangkan untuk menambahkan sesuatu ke rutinitas Anda: jadwal sukarela reguler. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa individu yang lebih tua yang mengajukan diri setidaknya 200 jam setahun menurunkan risiko hipertensi mereka sebesar 40 persen

Menolong orang lain penting, baik bagi jasmani maupun rohani anda. Ketika anda menolong orang lain, anda juga menunjukkan jati diri anda dan menunjukkan bahwa anda adalah orang yang baik dan pantas untuk dikenal.

Berbuat baik kepada orang lain, tidak hanya bermanfaat bagi orang lain. Ternyata, justru manfaat terbesar yang didapatkan saat berbuat baik pada orang lain adalah bagi kita sendiri. Maanfaat terbesar itulah yang disebut dengan kebahagiaan. Saat berbuat baik kepada orang lain, hati kita menjadi lebih bahagia. Dan tidak ada yang menandingi indahnya hidup selain kebahagiaan.Saat kita berbuat baik pada orang lain, ada perasaan senang, bangga dan nyaman. Secara alamiah, manusia ingin selalu bermanfaat bagi orang lain. Meskipun dalam hal terkecil sekalipun, seperti tersenyum, memberi jalan pada penyeberang, memberikan sedekah akan sangat membuat hati kita nyaman. Bahkan, pada studi psikologi disebutkan bahwa saat kita membantu orang lain, ada bagian otak yang memicu rasa penghargaan terhadap diri kita sendiri.