Manfaat berenang bagi kesehatan bayi dan anak


Berenang adalah salah satu cara yang baik untuk menjaga kesehatan bayi dan anak yang masih berkembang. Manfaat apa saja yang dapat diperoleh bayi dan anak jika rutin melakukan olahraga ini?

Manfaat Berenang Bagi Bayi

Diantara fakta yang akan didapatkan dengan olah raga berenang, berikut ini sejumlah manfaat renang pada bayi diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Manfaat emosional

Berenang dapat meningkatkan kesejahteraan emosional untuk seorang bayi. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika serikat, berenang dapat meningkatkan mood dan mengurangi kecemasan. Berenang juga merupakan kegiatan yang dapat melibatkan seluruh keluarga. CDC juga menemukan bahwa seorang bayi yang berlatih renang dapat meningkatkan mood yang baik secara keseluruhan.

  1. Jenis latihan yang menyenangkan

Berada di dalam kolam renang dapat memberikan bayi berbagai latihan. Hal ini dimulai dari sejumlah kecil aktivitas dan gerakan untuk latihan aerobik. Bersenang-senang dan bermain-main dalam air memungkinkan bayi akan latihan tanpa menyadarinya. Hal ini dapat memberikan peregangan dan penyegaran untuk latihan, sedangkan bila melakukan latihan penuh akan dapat memperkuat paru-paru dan jantung. Kondisi yang menyenangkan akan mengoptimalkan perkembangan bayi setiap usia.

  1. Manfaat kesehatan

Berenang sangat bermanfaat bagi bayi yang sedang dalam masalah kesehatan, mulai dari arthritis hingga asma. Bayi yang memiliki kelebihan berat badan akan mendapatkan manfaat pada berenang ini, sebagai salah satu bentuk latihan yang lebih mudah daripada yang lain.

Lebih dari 30% dari anak-anak yang beresiko terhadap penyakit yang berhubungan dengan obesitas menjadikan berenang sebagai obat. Hal ini disebabkan berenang tidak meletakkan beban pada jaringan ikat. Sehingga gerakan di dalam air sendiri membuat olahraga lebih mudah dan lebih menyenangkan bagi bayi, maupun balita yang mengalami kelebihan berat badan. Mereka yang menderita arthritis dan asma pun akan lebih mudah untuk mendapatkan sejumlah kecil latihan dengan dampak yang lebih rendah rendah.

Manfaat Berenang Bagi Anak

  1. Berenang meningkatkan fungsi kecerdasan anak
    Menggerakkan kedua sisi tubuh dengan gerakan yang berpola akan sangat membantu perkembangan otak anak Anda. Gerakan ini mengaktifkan saraf-saraf di otak, terutama pada bagian yang disebut corpus callosum, sebuah daerah di otak yang mengatur komunikasi, umpan balik terhadap rangsang, dan penghantaran rangsang dari satu sisi otak ke sisi yang lain. Pada akhirnya, hal ini akan meningkatkan kemampuan membaca, perkembangan bahasa, pembelajaran akademik, dan kesadaran spasial anak.

  2. Belajar berenang dapat mengurangi risiko tenggelam
    Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), tenggelam merupakan sebab kematian terbesar pada anak dan balita. Oleh karena itu, latihan berenang sejak dini sangatlah penting. Salah satu latihan keselamatan yang dapat dilatih bahkan pada bayi adalah mengapung dengan bagian punggung di bawah sebuah teknik bertahan hidup yang sangat berguna.

  3. Berenang meningkatkan kepercayaan diri anak
    Belajar berenang dalam kelompok juga memberikan manfaat tersendiri. Saat belajar, anak akan berinteraksi dengan sesama, orangtua, dan pengajar. Hal ini dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada anak.

Dalam sebuah penelitan di Jerman, anak-anak yang diberi pelajaran berenang pada usia 2 bulan hingga 4 tahun dapat lebih mudah beradapatasi dengan lingkungan baru, memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi, dan lebih mandiri daripada mereka yang tidak berenang. Selain itu, memberi pelajaran berenang sejak dini pada anak dapat meningkatkan kemampuan mengendalikan diri dan meningkatkan daya motivasi anak terhadap dirinya sendiri.

Sumber : Manfaat berenang bagi anak-anak

Sumber : Manfaat berenang bagi bayi