Manfaat arang aktif untuk kecantikan & kesehatan

Charcoal yang digunakan dalam produk-produk kesehatan dan kecantikan adalah Activated Charcoal. Activated charcoal adalah arang yang telah dirawat dengan panas atau tekanan untuk meningkatkan daya serap. Dibalik itu, apa manfaat dari arang aktif ini bagi kesehatan dan kecantikan.

Manfaat arang untuk kecantikan

Arang aktif atau activated charcoal menawarkan manfaat kecantikan untuk kulit dengan menarik minyak, kotoran dan zat berbahaya lainnya dari pori-pori tersumbat karena adanya kekuatan dari adsorpsi – proses penyerapan.

Dalam tubuh penyerapan adalah suatu reaksi unsur seperti nutrisi, bahan kimia dan toksin yang mengendap dan melebur ke dalam aliran darah. Serbuk arang aktif terbukti menyerap ribuan zat berbahaya sehingga arang banyak dijadikan bahan dalam masker wajah.

Berikut ini beberapa manfaat arang untuk kecantikan yang harus Anda ketahui:

1. Menyamarkan noda jerawat
Arang dipercaya dapat menyembuhkan jerawat dan menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Anda hanya perlu membuat campuran bubuk arang dengan air mawar atau air biasa, kemudian oleskan masker pada wajah Anda, setelah itu bilas dengan air hangat. Cara ini merupakan obat rumah sederhana yang dapat membantu mengeringkan jerawat pada wajah Anda.

2. Menutup pori-pori besar
Memiliki pori-pori yang besar dapat menyebabkan kotoran, polusi, dan zat kimia dari kosmetik Anda menumpuk di kulit sehingga rentan muncul komedo. Nah, dengan menggunakan masker yang berbahan dasar arang ini dipercaya dapat mengangkat semua kotoran dalam pori-pori dan mengecilkan pori-pori Anda.

3. Menyeimbangkan produksi minyak di wajah
Anda yang punya jenis kulit berminyak Anda bisa memanfaatkan arang untuk menyeimbangkan produksi minyak di wajah. Untuk mendapatkan wajah yang lembap dan produksi minyak yang lebih seimbang, Anda bisa rutin memanfaatkan kandungan arang secara langsung. Anda bisa memilih masker atau produk pembersih wajah dengan kandungan utama arang agar wajah tidak menjadi kering setelah penggunaan.

4. Mengatasi kulit kusam
Polusi udara seperti asap kendaraan bermotor, debu jalanan, radiasi sinar ultraviolet dan asap rokok membuat kulit wajah terlihat kusam. Namun dengan karbon aktif, seluruh polutan tersebut bisa terangkat sempurna. Anda bisa mengoleskan masker sederhana dari arang ini pada wajah Anda. Caranya, pijat wajah Anda dengan pasta arang sambil dipijat selama 15 menit. Kemudian bilas wajah dengan air hangat.

5. Mengurangi keriput
Keriput dapat dikurangi sekitar 60 persen jika Anda memijat wajah Anda dengan pasta arang. Pijatlah wajah secara melingkar untuk melepaskan ketegangan antara garis penuaan. Prosedur ini dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi tanda keriput.

Source

Manfaat Arang yang Menakjubkan untuk Kecantikan Kulit