Manfaat apa saja yang didapatkan jika melakukan perhitungan pendapatan nasional?

Perhitungan pendapatan nasional bertujuan untuk mendapatkan taksiran yang akurat mengenai nilai barang dan jasa yang dihasilkan oleh suatu negara selama satu tahun.

perhitungan-pendapatan-nasional-10-638

Manfaat-manfaat yang didapatkan dengan dilakukannya penghitungan pendapatan nasional adalah sebagai berikut.

  • Menjadi sumber informasi bagi pemerintah mengenai data pendapatan nasional dan kecenderungan (trend) perkembangan pendapatan nasional. Data pendapatan nasional digunakan oleh pemerintah untuk menilai efektifitas kebijakan-kebijakan yang telah diambil. Kecenderungan (trend) perkembangan pendapatan nasional digunakan oleh pemerintah untuk mengidentifikasi masalah dan merencanakan program untuk menanggulangi masalah tersebut.

  • Mengetahui struktur perekonomian. Dari penghitungan pendapatan nasional, kita dapat mengetahui struktur perekonomian suatu negara. Misalnya, jika sumbangan terhadap pendapatan nasional lebih besar daripada sektor indusri maka struktur perekonomian negara tersebut bergerak ke negara industri.

  • Mengetahui perekonomian antardaerah. Dengan membandingkan produksi pendapatan daerah dan jumlah penduduk daerah masing-masing akan diketahui kehidupan ekonomi daerah yang satu berbeda dengan daerah lainnya.

  • Memperkirakan perubahan pendapatan riil. Penghitungan pendapatan nasional memungkinkan suatu negara mengetahui perubahan pendapatan riil penduduknya.

  • Membandingkan kemajuan ekonomi antarnegara. Perhitungan pendapatan nasional memungkinkan dilakukannya perbandingan kemajuan ekonomi antarnegara. Perbandingan itu bisa dilaksanakan berdasarkan wilayah, misalnya antarnegara ASEAN, antarnegara maju, atau antarnegara berkembang.

Referensi:
Kusumawardani, Dewi. 2009. Ekonomi: Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.