Manakah Yang Muncul Terlebih Dahulu Agama atau Budaya?

images

Agama merupakan segala sesuatu yang didapat atau bersumber dari Tuhan, sedangkan kebudayaan merupakan segala sesuatu yang diciptakan atau produk (cipta, rasa, karsa) dari manusia.

Menurut kalian, mana yang muncul terlebih dahulu?

Budaya. Karena Agama hanyalah bentuk lain dari budaya.

Menurut E.B Taylor dalam bukunya Primitive Culture (1871), definisi budaya adalah suatu kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat dan lainnya yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat.

Agama sendiri merupakan sistem-kultur budaya yang mengatur garis moral dan perilaku suatu masyarakat yang mengadopsi sistem tersebut, yang kebetulan mengatur pola pikir menyangkut supernatural, spiritual, dan teramat; berdasarkan moral-etik, kepercayaan lokal, organisasi, teks, dan ramalan.

Agama adalah budaya, budaya manusia mengenai kepercayaannya kepada Tuhan.

Sejatinya, agama dan budaya adalah dua hal yang tidak terpisahkan. Sependapat dengan kak @stylo, budaya memiliki berbagai bentuk dalam masyarakat, salah satunya adalah agama.

Clifford Geertz mendefinisikan agama sebagai

(1) a system which acts to (2) establish powerful, pervasive, and long-lasting moods and motivations in men by (3) formulating conceptions of a general order of existence and (4) clothing these conceptions with such an aura of factuality that (5) the moods and motivations seem uniquely realistic.

Jika diterjemahkan akan menjadi

Sistem simbol-simbol yang bertindak untuk menciptakan perasaan dan motivasi pada manusia dengan memformulasikan konsepsi mengenai aturan umum dari eksistensi dan memakaikan konsepsi-konsepsi ini dengan nuansa faktualitas sehingga perasaan dan motivasi itu secara unik nampak realistik.

Menurut Geertz, agama adalah sebuah sistem budaya. Sistem simbol-simbol (sebagai pola budaya) yang bersifat eksternal tersebut dapat memberikan konsepsi yang bisa didefinisikan secara internal. Manusia membutuhkan konsepsi-konsepsi yang masuk internal ini melalui simbol eksternal.

Jika agama adalah sebuah sistem budaya, maka bisa disimpulkan bahwa budaya muncul terlebih dahulu, karena dari situlah agama berangkat.

Referensi

Croucher, S. Zeng, C. Et al. (2017). Religion, Culture and Communication. Oxford Research Encyclopedia. Diambil dari Religion, Culture, and Communication | Oxford Research Encyclopedia of Communication

Geertz, C. (1973). The interpretation of cultures: Selected essays . New York: Basic Books.

Hudijana, J. (2012). Agama Sebagai Sistem Budaya: Teori Clifford Geertz. Diambil dari Agama Sebagai Sistem Budaya: Teori Clifford Geertz | Inside a Scattered Mind