Manakah yang lebih efektif? kendaraan umum atau pribadi?

KOST ATAU APARTEMEN (1)

Indonesia termasuk negara dengan mobilitas yang tinggi. Hal ini sering menjadi salah satu penyebab kemacetan di jalanan karena ramainya pengguna kendaraan yang memenuhi setiap ruas jalan. Pada akhirnya tidak sedikit orang yang memilih kendaraan umum seperti MRT untuk mobilitas mereka. Nah kalo para youdics sendiri tim kendaraan umum atau pribadi nih? Sertakan alasannya juga ya!!

1 Like

Kalau aku sendiri, aku lebih memilih kendaraan pribadi, karena bisa menggunakannya kapan saja tidak perlu menunggu atau berdempet-dempetan dengan orang lain. dan jika sedang buru-buru juga kita bisa lebih mengoptimalkan waktu untuk bisa cepat sampai di tujuan.

Aku sendiri lebih senang menggunakan kendaraan umum untuk mobilitas jarak dekat, menurutku juga pengalaman naik kendaraan umum menurutku jauh lebih mengasyikkan, selain itu hitung-hitung bisa juga mengurangi polusi udara. Selain itu juga kita tidak perlu repot-repot memikirkan parkir dan mengingat” dimana kita parkir tadi apabila menggunakan kendaraan pribadi. Keinginan terdekatku setelah selesai pandemi juga ingin mencoba naik krl!!

Sebenernya yang lebih efektif menurutku adalah kendaraan pribadi karena ongkos yang dikeluarkan bisa terbilang lebih hemat apabila hanya sekadar pulang pergi kerja, namun untuk mobilitas jarak jauh misalnya bepergian keluar kota, lebih baik menggunakan kendaraan umum karena bisa menyimpan energi kita

saat tidak terburu buru lebih efektif menggunakan kendaraan pribadi karena kita bisa menghemat waktu perjalanan kita, tidak spereti saat kita menggunakan kendaraan umum biasanya akan memakan waktu yang cukup lama untuk menunggu bus dan biasanya akan berdesak-desakan saat jam-jam berangkat atau pulang kerja, naum dengan menaiki kendaraan umum kita bisa ikut mengurangi polusi udara

1 Like

Kalau saya sindiri lebih memilih kendaraan pribadi karena lebih nyaman dan leluasa ketika kita akan pergi - pergi misalnya ingin pergi kerumah temen yang masuk gang atau jauh dari jalan raya ketika mempunyai kendaraan pribadi lebih enak. dan ketika menggunakan kendaraan pribadi tidak berdempet dempetan karena sekarang banyak dikendaraan umum terjadi pencurian sehingga ketika menggunakan kendaraan pribaadi lebih nyaman.

1 Like

saya pribadi lebih memilih kendaraan pribadi. karena menurut saya dengan kendaraan pribadi lebih nyaman dan lebih efektif. selain itu dengan kendaraan pribadi, saya rasa ongkos pengeluaran juga lebih sedikit terutama jika harus pergi ke beberapa tempat berbeda.

1 Like

Kalau aku pribadi lebih memilih kendaraan umum karena ongkos pengeluaran lebih sedikit dan mungkin sudah terbiasa menggunakannya sebelum pandemi. ada keseruan tersendiri saat menaiki kendaraan umum dan saya hanya menggunakan kendaraan pribadi hanya untuk berpergian dalam jarak dekat saja.

1 Like

Kalau menurut saya tergantung mobilitasnya, jika kita ingin pergi keberbagai tempat sudah pasti kendaraan pribadi yang paling efektif, karena jika menggunakan kendaraan umum cukup sulit untuk menuju tempat-tempat yang spesifik. Namun, jika hanya menuju satu atau dua tempat dan akses kendaraan umumnya mudah, maka lebih efektif kendaraan umum, karena bisa hemat biaya bensin ataupun parkir.

1 Like

Menurut saya, pilihan antara kendaraan umum atau pribadi semua tergantung kebutuhan. Jika harus pergi ke beberapa tempat sekaligus dan tempat yang dituju sulit untuk dituju dengan kendaraan umum (misalnya tidak ada di maps secara jelas atau jarak antara shelter kendaraan umum dengan lokasi tujuan terlalu jauh, maka kendaraan pribadi akan lebih efektif dan murah. Namun jika hanya akan pergi ke satu lokasi, bepergian ke luar kota, saya rasa kendaraan umum akan cukup efektif karena lebih menghemat tenaga (tidak perlu menyetir).

1 Like

Kalau saya pribadi, lebih memilih naik kendaraan pribadi, agar tidak ribet transitnya. Jika membawa kendaraan pribadikan bisa irit ongkos dan cepat sampai tujuan.

Aku sendiri cenderung tim kendaraan pribadi. Karena saat sedang keluar rumah dimana tujuanku awalnya hanya satu tempat, tiba-tiba di pertengahan jalan pasti akan mampir ke sana ke sini ke situ. Dan karena di daerah rumahku akses kendaraan umumnya jarang lewat, serta hanya melewati jalan-jalan tertentu dan di jam-jam tertentu saja, otomatis kendaraan pribadilah yang menjadi pilihanku.

1 Like

kalau saya pribadi untuk kefektifan waktu saya lebih memilih kendaraan pribadi, karena kalau kendaraan umum mesti nunggu dulu terkadang kita lagi buru-buru.
tapi kalau untuk perjalanan jauh dan tidak terikat waktu saya lebih memilih menggunakan kendaraan umum, sebab tidak terlalu lelah dalam mengendarainya.

1 Like

Saya pribadi lebih memilih kendaraan pribadi, karena lebih hemat ongkos. Lalu, untuk angkutan umum, terkadang ribet harus transit-transit.

Saya lebih suka menggunakan Transportsi umum. Sebenarnya mungkin akan lebih baik jika semua orang menggunakan kendaraan umum karena dapat mengurangi kepadatan kendaraan di jalanan, mengurangi kemacetan, mengurangi emisi bahan bakar, menciptakan udara yang lebih bersih. Menurut saya transportasi umum kondisi nya sudah membaik dari pada masa sebelumnya, dari faktor kenyamanan, integrasi antar moda transportasi, fasilitas halte, stasiun, dan kebersihan. Meskipun untuk moda transportasi seperti angkot, bus antar kota, bajaj masih dirasa tidak ada perbedaan yang signifikan dari masa sebelumnya, namun transportasi umun dinilai sudah berkembang pesat dan mengutaman faktor kenyamanan bagi pengunanya. Saya berharap untuk kota kota lain selain jakarta transportasi umumnya juga terus berkembang dan makin terintegrasi.

Kalau ngomongin efektif, sepertinya lebih efektif menggunakan kendaraan pribadi ya. kita bisa berangkat kapan saja, lebih cepat, dan waktu tidak banyak terbuang, karena tanpa harus menunggu datangnya kendaraan umum tsb, menunggu kendaraan umum tersebut “ngetem” ngumpulin banyak penumpang dulu, belum lagi kemungkinan terjadinya tindakan kriminalitas hingga pelecehan seksual yang terjadi di kendaraan umum. walau menggunakan kendaraan umum lebih ramah lingkungan dan mengurangi kemacetan, tapi sepertinya lebih efektif menggunakan kendaraan pribadi.